Permudah Layanan Informasi Umat Beragama

Riau | Jumat, 18 Juni 2021 - 11:00 WIB

Permudah Layanan Informasi Umat Beragama
Lil Fadly Jamil

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Berbagai upaya dilakukan oleh Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Riau untuk menjaga kerukunan umat beragama. Salah satunya dengan menyediakan layanan sistem informasi kerukunan umat beragama (sikub).

Di mana, layanan yang dapat di akses secara dalam jaringan (daring) ini dapat digunakan masyarakat dalam memperoleh serta mendapatkan pelayanan Kesbangpol khusus untuk kerukunan umat beragama.


Kabid Ketahanan Ekonomi, Budaya Agama dan Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Provinsi Riau Lil Fadly Jamil SSTP menuturkan, sikub sendiri ditujujan untuk menghasilkan informasi dan data tentang kerukunan umat beragama di Provinsi Riau dalam rangka meningkatkan kerukunan umat bergama.

Hal itu berguna untuk melaksanakan tugas dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam mendukung visi dan misi gubernur dan wakil gubernur.

"Maksud dibuatnya sikub antara lain menyediakan layanan informasi tentang kerukunan umat beragama, dan tujuan-tujuan lain yang menjadi target manajemen. Kemudian menyediakan layanan yang dapat digunakan sebagai media koordinasi, perencanaan, evaluasi kerukunan umat beragama," tutur Fadly kepada Riau Pos, Kamis (17/6).

Dilanjutkan dia, selain dua poin di atas sikub juga menyediakan sarana pemeliharaan dan peningkatan kerukunan umat beragama yang berkelanjutan. Termasuk juga menyediakan informasi pendukung yang berguna untuk analisis data dan pengambilan keputusan tentang kerukunan umat beragama. Sehingga dapat memudahkan pengelolaan manajemen informasi kerukunan umat beragama.

Sedangkan untuk fungsi, Fadly menerangkan bahwa sikub dapat mempermudah pelaksanaan koordinasi, perencanaan, pengawasan dan evaluasi kerukunan umat beragama di Provinsi Provinsi Riau. Kemudian juga berfungsi meningkatkan aksesbilitas dan efektifitas dalam pengolahan data dengan sajian data kerukunan umat beragama secara akurat.

Sebagai sarana untuk menampung informasi, sikub dapat menerima masukan dan kritik dari masyarakat tentang kerukunan umat beragama di Provinsi Riau.

Sementara itu, Kasubbid Ketahanan Ekonomi Badan Kesbangpol Prov Riau Novriwan SE menambahkan, komponen pada yang ada pada sikub berupa komponen input informasi serta data yang didapat dari masyarakat tentang  KUB.

"Aplikasinya terdiri dari Youtube sikub Kesbangpol Provinsi Riau, Facebook sikub Kesabangpol riau, IG Sikubkesbangpolriau, Twitter sikub Kesbangpol Riau dan Whatsapp di nomor 081276558533," tambahnya.(nda)

 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  29-jup.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com