Pengelolaan Blok Rokan, Tokoh Adat Melayu di Rohil Sampaikan Tuntutan

Riau | Jumat, 19 Maret 2021 - 11:23 WIB

Pengelolaan Blok Rokan, Tokoh Adat Melayu di Rohil Sampaikan Tuntutan
Bupati Rohil terpilih Afrizal Sintong didampingi Wabup H Sulaiman menerima warkah berisi sembilan tuntutan terkait pengelolaan blok Rokan dari Ketua majelis tinggi kerapatan Adat Melayu tiga kenegerian di Rohil, H Nasrudin Hasan didampingi sekretaris Zuhaifi ST beserta sejumlah tokoh, pengurus lembaga/organisasi melayu. (ZULFADHLI/RIAUPOS.CO)

BAGANSIAPIAPI (RIAUPOS.CO) - Sejumlah tokoh yang tergabung dalam majelis tinggi kerapatan Adat Melayu tiga kenegerian di Rokan Hilir (Rohil) bersama Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB), Rumpun Melayu Bersatu (RMB), dan sejumlah unsur menegaskan warkah berupa sembilan tuntutan menyongsong peralihan pengelolaan blok Rokan dari CPI ke Pertamina.

Matlumat itu dibacakan secara terbuka oleh ketua majelis tinggi Nasrudin Hasan didampingi sekretaris Zuhaifi ST dan segenap pengurus dari sejumlah unsur. Selanjutnya diserahkan kepada Bupati Rohil terpilih Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman.


Adapun tuntutan itu diantaranya, menuntut hak kepada pemerintah untuk memberikan royalti untuk setiap barel migas dari hasil produksi yang dieksploitasi di Rohil.

Meminta hak Kepada pemerintah untuk memberikan PI 2,5 kepada majelis tinggi dalam pengelolaan Wilayah Kerja Migas yang terdapat di Kabupaten Rohil yang merupakan Wilayah Kenegerian Tanah Putih, Bangko, dan Kubu.

Berikutnya menuntut penempatan anak daerah terbaik menduduki komisaris dan struktur manajerial di PT Pertamina Hulu Rokan. Pelibatan dalam manajemen pengelolaan operasional.

"Memberikan kesempatan kerja seluasnyq dari anak daerah, memberikan PI 12 persen untuk daerah Rohil," baca Nasrudin Hasan.

Berikutnya meminta Pertamina memberikan sebagian pengelolaan sebagian ladang minyak, menuntut Pertamina agar dari 1300 ladang minyak, sebanyak 400 ladang minyak yang sudah mati diberikan pengelolaannya kepada BUMD Rohil untuk dikelola.

"Meminta kepada Pertamina dan rekanan kontraktor kerja agar berkantor di Rohil," katanya.

Bupati Rohil terpilih Afrizal Sintong menyampaikan terimakasih atas pandangan, tunjuk ajar dan Warkah yang telah disampaikan para tokoh melayu kepada dirinya. Apa yang disampaikan itu terangnya akan diteruskan dan siap diperjuangkan baik di tingkat propinsi hingg pusat.

"Kami siap memperjuangkan ini, sudah saatnya daerah mendapatkan hak yang sesuai dengan potensinya, jangan lagi dipandang sebelah mata," kata Afrizal.

Laporan : Zulfadhli (Bagansiapiapi)

Editor: Eka G Putra






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com