RS APUNG NUSA WALUYA II MERAPAT DI PEKANBARU

Buka Pelayanan Penanganan Covid-19

Riau | Sabtu, 19 September 2020 - 11:10 WIB

Buka Pelayanan Penanganan Covid-19
Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II bersandar di Pelabuhan Pelindo II Pekanbaru, Jumat (18/9/2020). Rumah sakit ini dibuat di atas tongkang dan memberikan pelayanan medis gratis. (DEFIZAL/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II berlabuh di Pelindo II Pekanbaru, Jumat (18/9) sore. Kehadiran rumah sakit milik organisasi nirlaba doctorShare tersebut hadir ke Pekanbaru, Riau dalam rangka membantu pelayanan medis dan penanganan Covid-19.

Informasi yang dihimpun Riau Pos di lapangan, kehadiran rumah sakit apung itu membawa fasilitas medis lengkap beserta beberapa kru dan anak buah kapal (ABK) di dalamnya.

Namun dari luar, tidak nampak petugas medis satu pun termasuk dokter yang berada di lokasi.


Sementara, pengakuan salah satu ABK, mereka sedang dikarantina dan belum diperbolehkan turun ke daratan. "Kami bersandar dulu. Sedang dikarantina," ujarnya, Jumat (18/9) sore.

Pun demikian, para ABK berpakaian bebas itu menyarankan untuk menghubungi koordinator RSA tersebut, dr Stephanie. Stephanie saat dihubungi mengaku masih berada di Jakarta.

"ABK dan kapal dulu yang dikirim. Pekan depan para dokter akan datang ke Pekanbaru," katanya.

Dijelaskannya, untuk sementara kru dan awak kapal harus karantina dulu dan pembersihan fasilitas dalam kapal, lantaran kapal baru saja berlayar selama 20 hari. Sementara dirinya belum menjelaskan secara detail tujuan RSA tersebut hadir ke Bumi Lancang Kuning.

"Itu dulu ya, nanti kami adakan konferensi pers dan juga kami koordinasi ke Diskes Pekanbaru," tuturnya.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy mengatakan, dikarenakan jumlah kasus Covid-19 yang meningkat, mereka akan mengadakan pelayanan medis dan penanganan Covid-19 di Pekanbaru.  "Kemarin sudah izin ke Pemko Pekanbaru. Pada prinsipnya karena ini bakti sosial kami tidak keberatan, tapi kami arahkan ke Diskes Provinsi Riau," kata Zaini.

Dijelaskannya bahwa dalam koordinasi itu, mereka merencanakan bakal berlabuh dan membuka layanan kesehatan selama 1 sampai 1,5 bulan. "Mereka membantu pelayanan kesehatan juga, termasuk pelayanan Covid-19," tuturnya.

Diketahui, RSA Nusa Waluya II merupakan rumah sakit apung ketiga milik doctorShare. RSA pertama bernama RSA dr Lie Dharmawan, dia adalah founder doctorShare. RSA kedua bernama Nusa Waluya I. Nusa Waluya II adalah RSA pertama yang berada di atas kapal tongkang. Kapal itu dimodifikasi dengan diletakkan beberapa kontainer sebagai ruangan rawat pasien. Sementara di lambung kapal tersebut terlihat logo DoctorShare beserta lambang palang merah.(p/ali).

 


Diskes Kampar Lawan Covid-19






youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-25.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com