DIJADWALKAN RESMIKAN TOL PERMAI SEKSI I

Presiden Akan Kunjungi Proyek Strategis di Riau

Riau | Kamis, 20 Februari 2020 - 08:09 WIB

Presiden Akan Kunjungi Proyek Strategis di Riau

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Riau. Kali ini, Presiden akan mengunjungi beberapa proyek strategis nasional. Seperti pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai. Demikian dikatakan Danrem 031 Wirabima M Fadjar ketika dikonfirmasi usai rapat persiapan pengamanan kedatangan Presiden.

"Kemudian juga akan melihat beberapa investasi besar di Riau yang ke depannya bisa lebih dikembangkan lagi. Baik untuk meningkatkan ekonomi di daerah dan juga di nasional," ujar M Fadjar. Dari sisi aspek pengamanan, lanjut M Fadjar, pihaknya pagi ini melaksanakan gelar pasukan di halaman kantor Gubernur Riau. Dengan kekuatan personel berjumlah lebih kurang 3.000.

"Setelah itu kami juga akan melakukan gladi pengamanan supaya semuanya berjalan lancar. Kami juga mohon doa restu semua pihak di Riau untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini," sebutnya.

Saat ditanyakan terkait kepastian hari kedatangan Presiden Jokowi, apakah sore ini atau Jumat pagi? Danrem mengaku hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari pihak koordinator perjalanan Presiden. "Namun yang pasti, semua kegiatan berupa peninjauan semua dilaksanakan di hari Jumat," jelasnya.

Sementara Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar saat dikonfirmasi perihal agenda kegiatan Presiden di Riau tidak banyak memberikan keterangan. Ia meminta awak media untuk langsung menanyakan agenda kegiatan Presiden kepada Biro Pers Sekretariat Presiden.

"Langsung tanya ke Biro Pers saja, jangan saya," ujarnya.

Dalam pada itu Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto membenarkan rencana kedatangan Presiden Jokowi. Dikatakan Sunarto, pihaknya telah menggelar rapat untuk pengamanan kunjungan kerja mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Polda Riau beserta jajaran telah siap menggelar pengamanan kunjungan kerja Bapak RI 1 beserta rombongan. Pak Presiden direncanakan tiba besok sore (hari ini, red) di Pekanbaru," ungkap Sunarto.

Dalam upaya pengamanan ini, sambung pria berpangkat tiga bunga melati itu, akan dikerahkan ribuan personel gabungan yang akan ditempatkan di sejumlah titik untuk mengamanan selama Presiden Indonesia berada di Bumi Lancang Kuning.

Menteri LHK Awali Kunker Presiden ke Riau

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengawali kunker Presiden Jokowi ke Riau. Hari ini (20/2), Siti dijadwalkan berada di Riau hingga Jumat (21/2) besok. Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas KLHK Nunu Anugrah saat dihubungi Riau Pos, Rabu (19/2) sore.  "Iya benar, in sya Allah beliau hadir," kata Nunu.

Dijadwalkan, hari ini Siti bertolak dari Jakarta ke Pekanbaru pukul 08.30 menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-172. Diperkirakan ia tiba di VIP Room Bandara Sultan Syarif Kasim II pukul 10.30.  Setiba di Pekanbaru, Siti dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi penanaman pohon di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim di Kabupaten Siak. Dalam dua hari kunjungan Siti ke Riau dengan beberapa agenda salah satunya penanaman pohon dan penyerahan SK Perhutanan Sosial di Tahura Sultan Syarif Hasyim. Rencananya berlangsung pada pukul 10.00 sampai 11.00 pada Jumat (21/2) bersama Presiden Jokowi.

Rencana Pekanbaru-Dumai Dipakai Mudik 2020 Gagal

Berkali-kali target pekerjaan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) molor. Baru seksi I (Pekanbaru-Minas) yang tuntas 100 persen. Ya, rencana peresmian oleh Presiden Jokowi pun tertunda sejak akhir tahun 2019. Bahkan, disebut-sebut bisa digunakan untuk arus mudik 2020 ini sepanjang 131 km dengan waktu tempuh Pekanbaru-Dumai dipangkas tiga jam pun buyar.

Paling anyar, dikabarkan Pre­siden dijadwalkan hadir pada peresmian untuk ruas yang sudah tuntas ini, pada Jumat (21/2) besok. Reschedule (jadwal ulang) peresmian kabarnya dilakukan berikut sudah tuntasnya seksi I yang baru saja diujicoba pada libur Natal dan Tahun Baru kemarin. Memang, sebelumnya direncanakan ruas tol Pekanbaru-Dumai yang bakal digunakan pada mudik Idulfitri tahun ini secara keseluruhan, pun harus tertunda. Sebab dari enam seksi jalan bebas hambatan menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Kota Dumai melewati tiga kabupaten dan dua kotamadya ini, beberapa ruas masih digeber pekerjaannya.

"Seksi I sepanjang 9,5 kilometer itu Pekanbaru-Minas. Dijadwalkan (peresmian oleh Presiden, red) Jumat nanti," kata Vice President of Corporate Communication Hutama Karya, Intan Zania kepada Riau Pos, Rabu (19/2).

Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai seksi I pada Jumat pagi. Sebagai jadwal sementara, persiapan tampaknya sudah dilakukan pihak terkait khususnya pihak Hutama Karya Disinggung apakah ruas jalan bebas hambatan yang diresmikan khusus seksi I ini bakal langsung digunakan bagi masyarakat pengguna jalan dari Pekanbaru menuju simpang Minas-Perawang atau sebaliknya, pihak HK belum memberikan keterangan resmi lebih lanjut. Demikian pula terkait besaran biaya yang digunakan bagi masyarakat yang melintas. Juga belum diketahui, apakah sesuai estimasi biaya awal per kilometer yakni Rp900-an atau lebih. Atau malah gratis, HK pun masih belum memberikan penjelasan. Calon pemudik hari raya Idulfitri 2020 Pekanbaru-Dumai dan sebaliknya yang sudah berniat melintasi jalan tol Permai tampaknya belum terwujud. Pasalnya, jalur penghubung bebas hambatan kedua kota besar di Riau tersebut belum tuntas pengerjaannya.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit akhir Januari lalu kepada Riau Pos. Ia mengatakan jalan tol Permai belum bisa beroperasi sepenuhnya pada mudik Idulfitri 2020 mendatang. "Belum semua seksi. Yang sudah pasti seksi 1 yaitu gerbang tol (GT) Pekanbaru-Minas)," kata Danang kepada Riau Pos di Jakarta, Kamis (30/1) lalu.(sol/rir/yus/egp)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com