PERISTIWA

Ustaz Zaky Mirza Senggol Gelas sebelum Tumbang

Riau | Selasa, 20 April 2021 - 10:50 WIB

Ustaz Zaky Mirza Senggol Gelas sebelum Tumbang
Tangkapan layar ustaz Zacky Mirza jelang pingsan saat ceramah di salah satu masjid di Lubuk Dalam, Siak, Riau, Ahad (18/4/2021). (ISTIMEWA)

SIAK (RIAUPOS.CO) -- Tur dengan Yayasan Kita Peduli Berbagi, satu rumah satu Alquran, Ustaz Zaky Mirza tumbang saat mengisi tausiah di Masjid Mukaromah Rawang Kao Barat, Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Hal ini dibenarkan oleh Paiwan, Sekdes atau Kerani Kampung Rawang Kao Barat. Menurutnya Ustaz Zaky Mirza tiba di Rawang Kao Barat pada Ahad (18/4) sekitar pukul 18.00 WIB.

Dikisahkan Paiwan, pada Senin (12/4) atau sehari sebelum Ramadan, mereka dihubungi pihak Yayasan Kita Peduli Berbagi. Ketika itu yang menghubungi Ustaz Husnul Hakim, mengabarkan Ustaz Zaky Mirza akan mengisi tausiah di Rawang Kao Barat. Ketika itu Ustaz Husnul memberikan kesempatan tentang jadwal yang bisa dari pihak Rawang Kao Barat. "Hasil rapat kami dengan penghulu, perangkat desa serta pengurus masjid, disepakati pada Ahad (18/4), buka puasa bersama di kantor desa dan Salat Tarawih bersama," terangnya.


Pada Ahad siang, Ustaz Husnul berkabar bahwa mereka sudah berada di Pekanbaru, namun kondisi Ustaz Zaky kurang fit. Meski demikian mereka tetap berangkat ke Kampung Rawang Kao.

"Saat azan magrib, kami mendapat kabar bahwa rombongan Ustaz Zaky baru tiba di Km 11, perbatasan Kecamatan Koto Gasib dengan Kecamatan Lubuk Dalam. Rombongan memutuskan berbuka di sana," ungkapnya.

Ketika rombongan Ustaz Zaky tiba, terdiri dari empat mobil ternyata Ustaz Zaky sudah menjamak Salat Magrib dan Isya. Karena kondisinya kurang fit, dia tidak turun dari mobil. Hanya istri dan tim yang turun. Rombongan sempat makan di kantor desa, namun istri Ustaz Zaky tidak berselera karena suaminya tidak fit.

Baca Juga : Nyeghah

Selanjutnya Ustaz Zaky beristirahat di kediaman Penghulu Rawang Kao Barat Arifin.  Sekitar pukul 20.15 WIB, Ustaz Zaky tiba di Masjid Mukaromah dengan wajah begitu ceria. Kondisi kesehatannya yang menurun tidak terlihat. Sebelum ceramah dia minta dibuatkan air hangat dan disediakan air mineral.

"Ustaz Zaky memberikan tausiah sekitar 40 menit. Tepat saat berdoa, di akhir tausiah, gelas yang berisi air hangat tergeser tangan kirinya, sehingga tumpah dan jatuh ke lantai. Secara bersamaan, ustaz tumbang," jelas Paiwan yang juga didapuk sebagai pembawa acara.

Jarak dirinya dengan Ustaz Zaky hanya sekitar 1,5 sampai  2 meter. Namun, Ketua Harian Yayasan Kita Peduli Berbagi Ustaz Nasir langsung menyambut, sehingga tumbangnya Ustaz Zaky tidak sampai ke lantai. Saat itu juga Ustaz Zaky dilarikan ke puskesmas yang berada tidak jauh dari Masjid Mukaromah. Setelah diberi oksigen dan dibantu dengan infus, perlahan ustaz sadar. Selanjutnya para tokoh menyarankan agar ustaz dibawa ke rumah sakit, sehingga dapat lebih maksimal dirawat.

Selanjutnya sekitar pukul 23.25 WIB, Ustaz dilarikan ke RS Elfarina  Pengkalankerinci. Menurut keterangan Ustaz Husnul, terang Paiwan, Ustaz akan menjalani perawatan sekitar 3 hari.

Paiwan juga pada Senin (19/4) sekitar pukul 21.12 WIB, sempat memastikan kondisi Ustaz Zaky kepada Ustaz Joni Hendri. Dia menyebutkan baik-baik saja dan belum berpuasa.

Ternyata sebelum ke Rawang Kao Barat untuk memberikan tausiah, Ustaz Zaky Mirza mengisi tausiah di Batam dan jadwalnya benar-benar padat.

Berdasarkan penelusuran Riau Pos di Instagram pribadi Ustaz Zacky yakni zackymirza, terdapat satu postingan yang memperlihatkan Ustadz Zacky masih menjalani perawatan. Terdapat satu foto dan satu video pada postingan tersebut, yakni foto memperlihatkan Ustaz Zacky terbaring dan satu video memperlihatkan sedang diperiksa kondisi kesehatannya.

Pada postingannya, tertulis kalimat alhamdulillah wa syukurilah, semata karena Allah yang memudahkan segala urusan dan doa-doa dari semua sahabat, kondisi Ustaz Zacky Mirza yang kelelahan berangsur membaik dan masih ditangani oleh tim dokter yang profesional, serta didampingi sahabat-sahabat yang berhati mulia. Allahuakbar. Postingan tersebut juga langsung mendapat banyak komentar.(mng/sol/amn)


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com