WABAH CORONA

Sudah 789 Orang Divaksin Covid-19 di Riau

Riau | Kamis, 21 Januari 2021 - 10:35 WIB

Sudah 789 Orang Divaksin Covid-19 di Riau
Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Proses vaksinasi Covid-19 di Riau sudah dimulai sejak 14 Januari lalu. Ini ditandai dengan divaksinnya para tokoh masyarakat dan pejabat publik di Bumi Lancang Kuning. Hingga saat ini total 789 orang sudah divaksin Covid-19 di Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, setelah pelaksanaan vaksin perdana di Riau kepada para tokoh, vaksinasi kemudian dilanjutkan untuk para tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien positif Covid-19.


“Hingga saat ini sudah 789 orang divaksin Covid-19 di Riau. Dari jumlah tersebut didominasi oleh tenaga kesehatan.  Karena memang tenaga kesehatan yang jadi fokus utama vaksin perdana,” kata Mimi.

Lebih lanjut dikatakannya, 789 orang tersebut berasal dari tiga kabupaten/kota di Riau. Pasalnya hingga saat ini vaksinasi baru dilaksanakan di tiga daerah yang berdekatan dengan ibu kota provinsi.

“Tiga kabupaten/kota yang sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19, yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Pelalawan,” ujarnya.

Mimi merincikan, untuk vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru sudah diberikan kepada 346 orang. Kemudian Pelalawan 198 orang dan Kampar 245 orang. Vaksinasi bagi tenaga kesehatan ini akan terus dilakukan, karena total tenaga kesehatan yang akan divaksin di Riau sebanyak 35 ribu orang lebih.

“Untuk ketersediaan vaksin sendiri untuk di Riau telah dikirim sebanyak dua tahap,” sebutnya.

Mimi menyatakan sampai saat ini tidak ada satupun keluhan dari peserta vaksinasi. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak takut divaksin. Karena vaksin bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

“Keluhan sampai saat ini tidak ada. Aman-aman saja. Buktinya saya yang menerima vaksin sehat-sehat saja, masih bisa beraktivitas seperti biasa,” ujarnya.

Namun demikian, Mimi tetap mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun saat ini vaksin Covid-19 telah ditemukan dan juga sudah diberikan kepada beberapa orang.

“Protokol kesehatan harus tetap dijalankan, karena hal tersebut dapat mencegah kita dari paparan Covid-19. Untuk itu tetap lakukan jaga jarak, hindari kerumunan, memakai masker dan mencuci tangan,” ajaknya.

Untuk update Covid-19 di Riau per hari Rabu (20/1) jumlah tambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 123 orang. Dengan tambahan pasien positif tersebut, maka total jumlah pasien positif di Riau hingga saat ini sudah mencapai 27.714 orang.

“Selain itu, ada juga kabar baik, terdapat penambahan 150 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Total keseluruhan pasien yang sudah dinyatakan sehat berjumlah 25.584 orang. Dilaporkan juga, terdapat penambahan enam pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19. Untuk total kasus kematian sejak adanya pandemi corona sudah mencapai 651 orang,” paparnya.(sol)


Hutama Karya

BJB KPR GAUL






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-03-04.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com