PELAKSANAAN PSU DI INHU BERJALAN LANCAR

Rizal Ucapkan Selamat ke Rajut

Riau | Rabu, 21 April 2021 - 08:30 WIB

Rizal Ucapkan Selamat ke Rajut
Grafis Hasil PSU Pilkada Inhu (GRAFIS:AIDI/ADRIE)

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- PASANGAN calon (paslon) Rizal Zamzami-Yoghi Susilo mengungguli empat paslon lainnya pada pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (20/4). Ini setelah paslon dengan sebutan Ridho itu meraih 198 suara pada PSU di TPS 03 Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal.

Berikutnya paslon Rezita Meylani Yopi-Junaidi Rachmat dengan sebutan Rajut meraih 93 suara. Kemudian paslon Nurhadi-Toni Sutianto 1 suara, Siti Aisyah-Agus Rianto 1 suara, dan Wahyu Adi-Supriati 1 suara dengan total keseluruhan 295 suara. Pada PSU tersebut juga terdapat 1 surat suara tidak sah.


Meski paslon Ridho menang di TPS 03 Desa Ringin, ketika jumlah surat suara dihitung secara keseluruhan di Inhu, paslon Rajut justru unggul dengan meraih 50.412 suara. Sementara Ridho hanya memperoleh 50.232 suara atau berselisih 180 suara. Disusul paslon BWS 36.093 suara, paslon Syiar 35.588 suara, dan paslon Nurani 17.626 suara.

Usai pelaksanaan PSU, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu akan melaksanakan rekap secara berjenjang. Sesuai jadwal, pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan akan digelar pada 22 April 2021 mendatang dan tingkat kabupaten pada tanggal 23 April 2021.

"Alhamdulillah, pelaksanaan PSU berjalan dengan lancar dan aman. Walaupun ada beberapa hal yang menjadi masalah, tetapi dapat diselesaikan," ujar Ketua KPU Inhu Yenni Mairida SE MM, Selasa (20/4).

Sejumlah kendala dalam pelaksanaan PSU itu, sebutnya, terdapat perbedaan nomor urut pemilih pada pendaftaran dengan daftar pemilih tetap (DPT). Hal ini disebabkan oleh sistem yang mengatur dan dituntaskan dengan mencocokkan data pemilih tersebut. Karena selama elemen data tidak ada perubahan, maka hal itu tidak menjadi pokok masalah.

Selain itu kendala dalam pelaksanaan tersebut, turunnya hujan saat pembukaan PSU. Akibatnya, kegiatan baru bisa dimulai sekitar pukul 07.10 WIB atau molor sekitar 10 menit dari jadwal. Dalam pelaksanaan PSU di TPS 03 Desa Ringin ini juga sempat diwarnai padamnya listrik PLN. Namun hal itu dapat diatasi dengan mesin genset cadangan yang sudah disiapkan.

"Partisipasi pemilih pada pelaksanaan PSU berdasarkan data berada di angka 91 persen. Di mana dari 307 pemilih di DPT dan DPTb sebanyak 17 orang, dapat hadir sebanyak 295 pemilih," terangnya.

Pada pelaksanaan PSU tersebut juga ditinjau langsung Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Inhu Drs H Chairul Riski MS MP berserta jajaran. Bahkan, forkopimda yang ada di Inhu juga ikut memantau pelaksanaan PSU. Pelaksanaan PSU berjalan lancar dan aman, ketika pengamanan dari TNI, Polri dan Satpol PP cukup siaga. Bahkan, pada jalan menuju lokasi pelaksanaan PSU telah dipasang pintu pagar dan setiap pengunjung diperiksa oleh petugas.

Masih dalam proses pelaksanaan PSU, juga ditinjau Gubernur Riau Drs H Syamsuar dan sejumlah Forkopimda Riau, KPU Riau dan Bawaslu Riau. Bahkan, juga terlihat dari tingkat pusat seperti dari jajaran KPU RI dan Bawaslu RI.

Sementara itu Rizal Zamzami dari paslon Ridho ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya maksimal.

"Mulai dari awal hingga pelaksanaan PSU, usaha kami sudah sangat maksimal," ujar Rizal Zamzami yang biasa disapa Riri itu.

Untuk itu, katanya, selaku paslon Ridho mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat Inhu yang sudah  menitipkan suaranya. Hanya saja, takdir berkata lain dan amanah untuk memimpin Inhu belum dapat diraih. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim dan relawan yang sudah berjuang dari awal.  "Selamat kepada pemenang dari paslon Rajut, semoga bisa membangun Inhu lebih baik ke depannya," tuturnya.

Dalam pada itu Rezita Meylani Yopi dari paslon Rajut ketika dikonfirmasi mengatakan, tahapan PSU masih berproses hingga rekapitulasi tingkat kabupaten.

"Mari sama-sama kita hormati hasil PSU dan tunggu hasil tahapan yang dilakukan oleh KPU serta tetap jaga persatuan hingga tetap kondusif," ujarnya.

3.706 Pemilih di 25 TPS Tentukan Pemimpin Rohul
Pemungutan suara ulang (PSU) di 25 TPS Pilkada Rokan Hulu (Rohul) digelar hari ini (21/4). Komisi Pemilihan Umum (KPU Rohul) memastikan 3.706 pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya di 25 TPS di Perkebunan PT Torganda Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara telah mendapatkan undangan pemberitahuan ulang-KWK. Suara mereka sangat menentukan pemimpin Rohul lima tahun ke depan. Sebagai mana diketahui Pilkada Rohul diikuti tiga kontestan. Yakni paslon nomor 1 H Hamulian-M Sahril Topan, paslon nomor urut 2 H Sukiman-H Indra Gunawan, dan paslon nomor urut 3 H Hafith Syukri-H Erizal.
 

 


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com