COVID-19

Nihil Kasus Baru, Pasien Sembuh Bertambah Dua Orang

Riau | Minggu, 21 Juni 2020 - 02:59 WIB

Nihil Kasus Baru, Pasien Sembuh Bertambah Dua Orang
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto.(BNPB FOR RIAUPOS.CO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Hari ini tidak ada penambahan atau temuan kasus positif baru Covid-19 di Riau. Total keseluruhan kasus positif masih 142 kasus. Sedangkan kasus sembuh bertambah dua orang menjadi 116 orang. Sementara delapan kasus meninggal dan sisanya masih menjalani perawatan.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan, jumlah kasus positif baru tingkat nasional mengalami penambahan. Per hari ini sebanyak 1.226 kasus sehingga totalnya menjadi 45.029 orang. Kemudian pasien sembuh menjadi 17.883 setelah ada penambahan sebanyak 534 orang. 


"Selanjutnya untuk kasus meninggal bertambah 56 orang sehingga totalnya menjadi 2.429," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Yuri mengatakan, berdasarkan data epidemiologi menggambarkan dengan jelas bahwa penularan virus masih terjadi di tengah-tengah masyarakat. Oleh kerena itu, disiplin dan mematuhi protokol kesehatan adalah kunci memutus rantai penularan virus.

"Kita tidak punya pilihan lain selain mematuhi protokol kesehatan. Menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dnegan sabun menjadi sesuatu yang wajib dan harus kita budayakan," katanya.

Semantara itu, pihaknya juga akan berusaha melakukan kontak erat atau stressing untuk dilanjutkan pemeriksaan. Bila terdalat indikasi ataupun positif maka akan di isolasi secara ketat dan diambil tindakan perawatan jika diperlukan. 

"Ini dilakukan untuk mencegah penularan agar tidak terjadi ditengah-tengah masyarakat," katanya.

Yuri menjelaskan, orang sakit lebih sangat berpeluang untuk tertular maupun menularkan dirumah terutama pada lanjut usia maupun anak balita, apa lagi memiliki penyakit bawaan.

"Oleh karena itu, setelah bepergian dan pulang kerumah segera bersihkan pakain, dan seluruh peralatan dari luar. Karena secara tidak sadar mungkin virus akan menempel di benda-benda di sekitar kita. Ini yang sangat penting untuk kita ketahui dan jadi perhatian kita," pungkasnya.

Laporan: Yusnir (Jakarta)

Editor: Eka G Putra



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com