Februari, Vaksinasi Corona di Sembilan Daerah

Riau | Jumat, 22 Januari 2021 - 11:45 WIB

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan saat ini baru melaksanakan vaksinasi Covid-19 di tiga kabupaten/kota di Riau. Untuk sembilan kabupaten/kota lainnya akan dimulai pada Februari mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, untuk tiga kabupaten/kota yang sudah dilaksanakan vaksinasi tersebut yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Pelalawan. Vaksinasi di tiga daerah tersebut dimulai sejak 14 Januari lalu.


"Sesuai instruksi dari pemerintah pusat, vaksinasi Covid-19 pada tahap awal difokuskan bagi tenaga kese-hatan yang berada di dekat ibu kota provinsi. Untuk itu vaksinasi dilakukan di tiga daerah tersebut," katanya.

Sedangkan untuk sembilan kabupaten/kota lainnya, yakni Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil), Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil), Kuantan Singingi (Kuansing), dan Kota Dumai baru akan dilaksanakan pada Februari mendatang.

"Untuk sembilan daerah tersebut akan dilaksanakan pada Februari mendatang. Sembari kita menunggu kiriman dosis vaksin dari pemerintah pusat," ujarnya.

Pada sembilan kabupaten/kota tersebut, demikian Mimi, vaksinasi juga masih akan difokuskan pada para tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien positif Covid-19. Di mana total ada 35 ribu lebih tenaga kesehatan di Riau yang menangani pasien Covid-19.

"Saat ini total vaksin yang sudah dikirimkan ke Riau sebanyak 42.840 dosis. Sebagian sudah didistribusikan ke kabupaten/kota," sebutnya.

Sementara itu, vaksinasi bagi masyarakat umum baru akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Hal tersebut dikarenakan pihak dinas kesehatan masih menunggu kiriman dosis vaksin.

"Kalau untuk masyarakat itu dijadwalkan pada April 2021 hingga Maret 2022. Saat ini vaksin juga akan terus dikirimkan secara bertahap ke Riau," katanya.

Untuk update Covid-19 di Riau per hari Kamis (21/1) jumlah tambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 137 orang. Dengan tambahan pasien positif tersebut, maka total jumlah pasien positif di Riau hingga saat ini sudah mencapai 27.851 orang.

"Selain itu, ada juga kabar baik, terdapat penambahan 96 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Total keseluruhan pasien yang sudah dinyatakan sehat berjumlah 25.680 orang. Dilaporkan juga, terdapat penambahan lima pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19. Untuk total kasus kematian sejak adanya pandemi corona sudah mencapai 657 orang," paparnya.

PPKM Diperpanjang Dua Pekan Lagi

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga 8 Februari. Kamis (21/1), Menko Perekonomian yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartanto mengumumkan hal itu. Sementara itu, pengusaha merasa khawatir terkait keputusan pemerintah ini.
Airlangga menyatakan alasan perpanjangan ini didasari beberapa alasan. Dari hasil monitoring kepada 73 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM, 29 kabupaten/kota masih berisiko tinggi. Sementara 41 kabupaten/kota risiko sedang dan tiga lainnya berisiko rendah.

"Tujuh provinsi yang sudah melakukan PKKM, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, Jawa Timur, dan Bali," ujar Airlangga.

Kasus mingguan di 52 kabupaten/kota masih mengalami kenaikan. Sementara itu 21 kabupaten/kota jumlah kasus Covid-19 menurun.

"Sementara tingkat kesembuhan 81,1 persen, tingkat kematian 2.9 persen, dan positivity rate 16,6 persen," katanya.

 


Hutama Karya

BJB KPR GAUL






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-02-26.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com