PELANTIKAN DUA PJ KEPALA DAERAH DITUNDA SATU HARI, SEKDA DITUNJUK JADI PLH

Besok Pagi, Gubri Lantik Muflihun dan Kamsol

Riau | Minggu, 22 Mei 2022 - 09:46 WIB

Besok Pagi, Gubri Lantik Muflihun dan Kamsol
Muflihun (Pj Wako Pekanbaru) dan Kamsol (Pj Bupati Kampar). (ISTIMEWA)

(RIAUPOS.CO) - Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau melalui Biro Tata Pemerintahan sudah menerima Surat Keputusan (SK) penunjukan Penjabat Walikota (Wako) Pekanbaru dan Bupati Kampar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sabtu (21/5).

Pada SK tersebut, Muflihun ditunjuk sebagai Pj Wako Pekanbaru dan Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar.


Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau M Firdaus mengatakan, SK sudah pihaknya terima pada Sabtu pagi tadi. Selanjutnya SK tersebut langsung diserahkan kepada Gubernur Riau Syamsuar.

“Iya SK-nya sudah kami terima, untuk Pj Wako Muflihun dan Pj Bupati Kampar Pak Kamsol,” katanya.

Setelah menerima SK tersebut, selanjutnya pihaknya akan melakukan pelantikan dua pejabat tersebut. Di mana pelantikan akan dilaksanakan pada hari Senin (23/5). Jadwal tersebut mundur dari yang sudah ditetapkan sebelumnya yakni pada Ahad (22/5) atau tepat pada akhir masa jabatan (AMJ) dua kepala daerah tersebut.

“Pelantikan jadinya hari Senin tanggal 23 pukul 09.00 WIB. Tempatnya masih sama yakni di Balai Serindit kompleks Gedung Daerah Riau,” ujarnya.


Pelantikan akan dilakukan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar. Saat pelantikan, juga akan dihadiri oleh para Forkopimda Riau juga Forkopimda Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Tamu undangan yag hadir juga dibatasi, yakni hanya untuk 60 undangan saja.

“Masing-masing daerah hanya dapat 30 undangan, mengingat keterbatasan ruangan dan masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Akibat waktu pelantikan yang ditunda, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah di Pekanbaru dan Kampar dalam waktu sehari untuk menjalankan roda pemerintahan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing daerah sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengatakan, dikarenakan pelantikan Pj Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar diundur hari, Senin (23/5) pihaknya menunjuk Plh Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar.

“Iya pelantikan dijadwalkan hari Senin tanggal 23 Mei 2022. Karena AMJ Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar berakhir pada 22 Mei, maka kita tunjuk Sekda Pekanbaru dan Kampar sebagai Plh Wali Kota dan Bupati,” kata SF Hariyanto.

Untuk diketahui, Muflihun saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Riau. Ia dilantik menjadi Sekretaris DPRD Riau pada Juni 2020 lalu. Sebelum menjadi Sekretaris DPRD Riau, ia menjabat sebagai salah satu kepala bagian di Sekretariat DPRD Riau. Muflihun yang juga akrab disapa Uun juga merupakan alumni SMAN 1 Pekanbaru angkatan 1986.

Sebelum berkarir di lingkungan Pemerintah provinsi Riau, Uun juga sebelumya pernah menjadi Sekretaris Kecamatan Senapelan hingga menjadi Camat Sail dan Kecamatan Sukajadi.

Sementara itu, Kamsol juga merupakan ASN senior di lingkungan Pemprov Riau. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Riau. Jabatan Kepala Dinas Pendidikan Riau merupakan yang kedua kalinya ia emban.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupatan Kepulauan Meranti. Namun, ia diminta untuk kembali menjabat kepala Dinas Pendidikan Riau oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Ditundanya pelantikan tersebut, diduga akibat penyerahan SK penunjukan Pj dua daerah di Riau yang terus berubah. Dari informasi yang didapatkan Riau Pos, seharusnya SK Pj tersebut sudah harus diserahkan lima hari jelang AMJ atau pada 17 Mei lalu. Namun hingga berakhir tanggal 17, Pemprov Riau juga belum mengatakan perintah untuk menjemput SK dari Kemendagri.

Kemudian, Pemprov Riau baru mendapatkan perintah untuk menjemput SK pada Jumat (20/5). Perintah untuk menjemput SK tersebut dikeluarkan Mendagri malalui surat yang dikirimkan ke Gubernur yang daerahnya akan ada penunjukan Pj. Di dalam surat tersebut, disebutkan bahwa penyerahan SK akan dilaksanakan Jumat malam pukul 20.00 WIB.

Saat itu, utusan Pemprov Riau yakni Kepala Biro Tapem sudah berada di Jakarta. Namun, penyerahan SK tersebut dibatalkan dan kembali diagendakan pada Sabtu pagi pukul 07.30 WIB.

Catur: Siapa pun Pj Bupati Kampar Harus Kita Dukung

Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal menjelaskan, untuk siapa Pj Bupati Kampar sampaiu saat ini Pemkab Kampar belum menerima surat SK siapa Pj Bupati Kampar. Ini kewengan Gubernur melalui pemerintah pusat.

‘’Harapannya Pj Bupati Kampar orang yang berintegritas dan bisa melanjutkan pembangunan di Kabupaten Kampar,’’ jelas Muhammad Faisal saat ditemui, Rabu (18/5/2022).

Terkait isu ada beberapa yang akan menjabat Pj Bupati Kampar, menurut Faisal tak bisa berpatokan pada isu. Bisa saja ada yang berpendapat SK-nya sudah teken. ‘’Sampai sekarang kita belum melihat SK siapa Pj Bupati Kampar, kita tunggu saja. Tidak beberapa hari lagi, kita tunggu dan jangan percaya isu. Kita tunggu saja informasi pelantikan Pj Bupati Kampar nantinya,’’ tegas Faisal.

Faisal menambahkan, siapa pun Pj Bupati Kampar diharapkan bisa melanjutkan apa yang menjadi visi misi Bupati Kampar. Nanti bersama pihak legislatif duduk bersama untuk membahas kemajuan Kabupaten Kampar.

‘’Kita harapkan Pj Bupati Kampar yang betul-betul memiliki integritas dan komit untuk Kampar ini,’’ tegas Faisal.

Sementara itu, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menambahkan, terkait siapa Pj Bupati Kampar yang mengantikannya menyampaikan, siapa yang menjabat Pj Bupati Kampar keputusan dari Kemendagri. ‘’Siapa pun yang ditunjuk menjadi Pj Bupati Kampar harus kita dukung sebagai penyelenggara pemerintah di Kabupaten Kampar sebagai pemimpin di Kampar . Harapannya siapa yang ditunjuk mampu memberikan rasa nyaman, aman dan damai untuk Kampar yang kondusif. Tentunya bisa melanjutkan program-program pembangunan berkelanjutan,’’ tegas Catur.

Catur berharap kepada Pj Bupati Kampar nanti bisa memahami kultur dan adat istiadat masyarakat Kampar yang religius, masyarakat yang beradat dan cukup heterogen di Kabupaten Kampar ini.

‘’Kita harapkan Pj Bupati Kampar yang memiliki leadership, bagaimana masyarakat bisa terlayani dengan baik,’’ harap Catur.(muh)


Laporan SOLEH SAPUTRA dan KAMARUDDIN,  Pekanbaru dan Bangkinang



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com