Menaker Serahkan Penghargaan K3 ke PT RAPP

Riau | Rabu, 25 Mei 2022 - 08:33 WIB

Menaker Serahkan Penghargaan K3 ke PT RAPP
Menaker RI Ida Fauziyah bersama para penerima pengharga­an K3 Award, salah satunya PT RAPP, grup APRIL di Jakarta, Selasa (24/5/2022). (PT RAPP FOR RIAUPOS.CO)

BAGIKAN



BACA JUGA


JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) menyerahkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Award kepada dunia usaha, instansi pemerintah dan lainnya atas keberhasilannya dalam menerapkan K3 dengan baik di lingkungannya.

Salah satu penerima penghargaan adalah perusahaan terbesar di Asia yang berlokasi di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, yakni PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).  

Yamaha Alfa Scorpii

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan penghargaan K3 Award merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan bagian dari grup APRIL ini atas pencapaian tertinggi dalam penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja periode 2021-2022, termasuk dalam penanggulangan Covid-19.

Penghargaan yang diserahkan Menaker Ida Fauziyah itu, diterima langsung Direktur RAPP, Mohd Ali Shabri, Selasa (24/5) di Jakarta.

"RAPP sebagai salah satu perusahaan di Riau yang berhasil menerapkan K3 dengan baik dan RAPP juga merupakan perusahaan yang nihil kecelakaan (zero accident)," ujar Menteri Ida Fauziyah di sela-sela acara.

RAPP kata Menaker, juga berhasil dalam melakukan Pencegahan dan Penanggulangan (P2) COVID-19 dan berhasil menjalankan Sistem Manajemen K3 (SMK3) serta program pencegahan HIV-AIDS.


Ida Fauziyah mengharapkan seluruh pihak penerima penghargaan K3 agar dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah diraih.

"Mudah-mudahan bisa terus lebih baik dan tetap berkoordinasi dengan dinas terkait, termasuk dengan para pengawas dan pembina di daerah," ujarnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RAPP Mohd Ali Shabri mengatakan penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dan konsistensi RAPP dalam menjalankan aturan K3 di wilayah perusahaan. "Tentu kami merasa bangga dan berterima kasih kepada Kemnaker, Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat Riau yang telah mendukung kami agar senantiasa komit dan konsisten dalam menerapkan K3 di lingkungan kerja," ungkapnya.

Terlebih, menurut Ali, RAPP bukanlah pertama kalinya meraih penghargaan K3. Hal ini membuktikan wujud nyata RAPP yang benar-benar konsisten dalam menjalankan aturan K3.

"Komitmen dan konsistensi adalah tekad kami dalam melaksanakan program K3 bagi karyawan kami," katanya.

Selain K3 Award, RAPP juga berhasil dalam melakukan Pencegahan dan Penanggulangan (P2) Covid-19.

"Bahkan RAPP satu-satunya perusahaan yang bertindak cepat dengan melakukan pengadaan peralatan, penerapan Prokes, pengadaan Rapid Test, PCR hingga program vaksinasi. Semua kita lakukan secara terus menerus dan Alhamdulillah berhasil," tegasnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi turut bangga atas capaian RAPP sebagai satu-satunya perusahaan dari Riau yang mendapat penghargaan K3 award dari Kemnaker.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, tentu bangga dan kami mengakui RAPP sangat pantas mendapatkan apresiasi atas capaian K3 termasuk penanggulangan COVID-19," tuturnya.

Ia berharap prestasi tersebut dapat menjadi motivasi dan dicontoh oleh perusahaan- perusahaan lainnya."Tahun ini hanya RAPP,  mudah-mudahan tahun depan banyak perusahaan yang menyusul ," pungkasnya.(rls/rio)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com