Sentajo Raya Pertahankan Tradisi Hadiah Hewan Ternak

Riau | Kamis, 25 Juli 2019 - 10:00 WIB

SENTAJO (RIAUPOS.CO) -- Ketua Umum Pacu Jalur Rayon IV Kuansing, Romi Alfisyah Putra SE memastikan, bahwa hadiah pacu jalur rayon IV Kuansing yang akan dihelat di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, Kecamatan Sentajo Raya, 1 hingga 3 Agustus 2019 mendatang, bakal ditambah dengan hewan ternak.

Kebijakan ini diambil, kata Romi, sebagai wujud Kecamatan Sentajo Raya dalam mempertahankan tradisi hadiah pacu jalur berupa hewan ternak yang sudah mulai ditinggalkan sejak beberapa tahun ini. Sehingga Sentajo Raya yang dipercaya sebagai tuan rumah siap mengembalikan tradisi itu seperti semula.


“Tradisi hadiah kita dalam pacu jalur ini kan biasanya diiringi dengan hewan ternak. Dan kita di Sentajo Raya siap mempertahankan tradisi pacu jalur. Ada hewan ternak nanti sebagai hadiah tambahannya,” kata Romi Alfisyah Putra kepada Riau Pos di Sentajo Raya, Rabu (24/7) kemarin.

Penambahan hadiah untuk pacu jalur rayon IV Kuansing ini, menurut Romi, tidak untuk seluruh juara. Namun hanya diperuntukkan bagi jalur yang berhasil menduduki peringkat tiga besar. Juara 1, 2 dan 3. Tambahan hadiahnya hewan ternak berupa kerbau dan sapi.

“Ini adalah komitmen kita di Sentajo Raya dalam mempertahankan dan melestarikan tradisi pacu jalur di Kuansing. Dan menjadi tanggungjawab kita bersama untuk melestarikannya,” ujar Romi.

Dan Romi Alfisyah Putra pun menyatakan bahwa Kecamatan Sentajo Raya sebagai tuan rumah pacu jalur rayon IV Sentajo Raya siap menghelat tradisi akbar masyarakat Kuansing. Oleh sebab itu, Ia mengajak semua pihak untuk mendukung suksesnya helat pacu jalur di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah Sentajo Raya.

“Pacu jalur adalah ajang bagi kita untuk merajut silaturrahmi antar sesama kita yang berbeda desa di negeri jalur ini. Jadi, siapapun, dan jalur darimanapun yang berpacu nantinya di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah agar bersama-sama mensukseskannya. Dan mari rajut silaturrahmi sesama kita,” harap Romi.

Selain besaran hadiah yang telah ditetapkan Pemkab Kuansing, diharapkan Romi Alfisyah Putra, penambahan hadiah hewan ternak berupa Kerbau dan Sapi untuk juara 1, 2 dan 3 hendaknya memotivasi bagi jalur-jalur yang ada di Inhu dan Kuansing untuk berpacu di rayon IV Kuansing ini. “Insya Alllah. Kami yakin, pacu rayon IV bakal diikuti banyak jalur. Silahkan mendaftar,” ajaknya juga.

Sebelumnya, Camat Sentajo Raya Herman Susilo juga berharap dukungan semua pihak dalam mensukseskan helat pacu jalur rayon IV Kuansing di Sentajo Raya. “Mari sama-sama kita sukseskan pacu jalur rayon IV di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah Sentajo Raya,” ajaknya.(jps)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com