PENERAPAN PPKM DI RIAU

Pekanbaru dan Dumai PPKM Level 1

Riau | Rabu, 24 November 2021 - 10:27 WIB

Pekanbaru dan Dumai PPKM Level 1
Syoffaizal (INTERNET)

Menindaklanjuti Inmendagri tersebut, Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Selasa (23/11), menggelar rapat koordinasi bersama Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga. Hadir Plt Asisten I Setda Rohul Erfan Dedi Sanjaya SSTP MSi, Asisten III Setda Rohul Edi Suherman, Kadisdikpora Rohul Drs H Ibnu Ulya, Kadiskes Rohul Dr Bambang Triono, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar MSi, Kasatpol PP dan Damkar Rohul Ridarmanto, serta para camat se Rohul di pendopo rumah dinas bupati.

Dalam rakor itu Sukiman menyebutkan, Tim Satgas Penanganan Covid- 19 Rohul sebulan ked epan mengoptimalkan pencapaian target vaksinasi Covid- 19, terhadap sasaran masyarakat dan pelajar di 16 kecamatan se Kabupaten Rohul. Dengan harapan masing-masing kecamatan, cakupan vaksinasi Covid- 19 rata-rata bisa mencapai diatas 50 persen masyarakat yang telah divaksin dosis 1 pada 20 Desember mendatang. Upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid- 19 yang akan dilakukan pemerintah daerah, TNI, Polri dan instansi terkait itu, untuk mewujudkan herd immunity ditengah masyarakat sebagai antisipasi gelombang ketiga Covid- 19 di Rohul.

Yamaha Alfa Scorpii

Ketua Satgas Penanganan Covid- Rohul itu menegaskan, meski Rohul terjadi penurunan level, dari PPKM level 3 ke PPKM level 2, target capaian cakupan vaksinasi Covid- 19 harus dilakukan dengan optimal oleh Tim Satgas Kecamatan, Desa dan Kelurahan se Rohul. Disebutnya, untuk laporan perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid- 19 di Rohul semakin melandai. Kendati demikian, seluruh elemen dan komponen masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi Prokes, dalam upaya mencegah penularan Covid- 19.

Orang nomor satu Rohul itu meminta Camat se Rohul tetap bekerja, pada hari libur kerja terutama Sabtu dan Minggu, terutama mengajak masyarakat dan pelajar  yang belum di vaksin untuk mendatangi Puskesmas diwilayah kerjanya. Di samping setiap hari menyampaikan laporan capaian vaksinasi di wilayah kerjanya secara berjenjang.

Living World Pekanbaru

"Hari Sabtu dan Ahad, puskesmas se Rohul tetap melayani masyarakat yang akan di suntik vaksin. Camat lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Kapolsek, Danramil dan kepala desa untuk mengajak masyarakat yang belum di vaksin dan berikan edukasi dan pemahaman bahwasanya vaksin aman untuk kesehatan dan halal," jelasnya.
Mantan Dandim Indragiri Hilir itu berjanji, akan mengevaluasi jabatan para Camat se Rohul, jika target vaksinasi Covid- 19 tidak tercapai diatas 50 persen hingga 20 Desember mendatang. "Target Cakupan vaksinasi Covid- 19 di 16 kecamatan diatas 50 persen, akan menjadi penilaian dan evaluasi untuk jabatan Camat se Rohul," tegasnya.

Langkah dan kebijakan Bupati itu mendapat dukungan dari Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK. Dia meminta para Camat se Rohul dapat melaksanakan tugas dengan baik, tetap lakukan koordinasi dengan Kapolsek, Danramil dalam upaya pencapaian target cakupan vaksinasi Covid- 19 di wilayah kerjanya.


 "Saat ini di 16 kecamatan, yakni Kecamatan Tambusai Utara perlu ditingkatkan capaian vaksinasi Covid- 19. Termasuk Kecamatan Kabun, Polres Rohul besok (Rabu, red), akan mengelar vaksinasi Covid- 19 di Pondok Pesantren Babussalam. Pelajar dan  lansia fokus sasaran vaksinasi Covid- 19. Kita mengajak rekan medis, pada Hari libur (Sabtu dan Minggu) tetap melayani masyarakat yang disuntik vaksin, dengan menyesuaikan stok vaksin yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono menyebutkan target sasaran masyarakat yang disuntik vaksin di Kabupaten Rohul yakni 70 persen dari jumlah penduduk. Untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid- 19, sesuai arahan Bupati Rohul H Sukiman, Dinas Kesehatan Rohul melalui Puskesmas tetap bekerja melayani masyarakat yang disuntik vaksin pada hari libur Sabtu dan Ahad.

"Untuk stok vaksin di Kabupaten Rohul untuk saat ini tidak ada kendala, masih tersedia sebanyak 26 ribu dosis. Sekarang di 23 Puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan se Rohul sudah tersedia vaksin untuk masyarakat," tuturnya.

Percepat Vaksinasi dan Perketat Prokes
Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus menggesah percepatan vaksinasi untuk masyarakat. Selain percepatan vaksinasi, penekanan untuk tetap memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) juga terus dipantau untuk menghambat penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Inhu Elis Julinarti DCN Mkes. "Saat ini Inhu berada di level tiga untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat l," ujar Elis Julinarti DCN Mkes, Selasa.l (23/11).

Berdasarkan data terbaru, alokasi vaksin yang diterima di Kabupaten Inhu sebanyak 216.336 dosis. Dari jumlah tersebut, terpakai sebanyak 213.799 dosis dan sisa vaksin 4.865 vial.

Makanya untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity), Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Diskes menargetkan vaksinasi Covid-19 sebanyak 336.209 orang. Hingga saat ini, total yang sudah vaksinasi dosis 1 berjumlah 131.270 orang, total vaksinasi dosis 2 berjumlah 81.110 orang, dan total vaksinasi dosis 3 berjumlah 1.419 orang.

Selain itu sebutnya, hingga tanggal 23 November 2021, tidak terjadi penambahan kasus COVID-19. "Mudah-mudahan dengan kepedulian bersama, kedepannya juga tidak ada penambahan kasus baru," harapnya.(ali/wir/epp/kas/rio)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  23-mei.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com