RIAU CATAT REKOR PENAMBAHAN KASUS BARU POSITIF COVID-19

Penerapan Protokol Kesehatan Mulai Kendur

Riau | Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:57 WIB

Penerapan Protokol Kesehatan Mulai Kendur
Mimi Yuliani Nazir

(RIAUPOS.CO) - Penambahan pasien positif Covid-19 di Riau kembali naik, Sabtu (24/10). Bahkan, kemarin terjadi pemecahan rekor penambahan kasus harian, yakni sebanyak 380 kasus baru.

Bahkan, secara nasional jumlah ini membawa Riau memasuki posisi tiga besar setelah DKI Jakarta 1.062 kasus dan Jawa Barat sebanyak 421 kasus baru.


Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir pun terus mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Karena hal tersebut dapat mencegah dari penularan Covid-19.

“Belakangan ini protokol kesehatan (prokes) mulai kendur. Sudah banyak yang berkumpul di kafe tanpa menggunakan masker. Ini yang harus ditertibkan lagi,” imbau Mimi, Sabtu (24/10).

Dengan penambahan itu, maka total pasien positif Covid-19 di Riau hingga saat ini sebanyak 13.257 pasien. “Selain penambahan pasien positif Covid-19, juga terdapat penambahan pasien yang dinyatakan sembuh, sebanyak 278 orang. Sehingga total pasien sembuh sebanyak 9.097,” katanya.

Dijelaskan Mimi, penambahan pasien positif Covid-19 di Riau tersebut berasal dari hasil kontak tracing pasien positif sebelumnya. Dan ada juga yang merupakan hasil swab mandiri yang dilakukan pihak perusahaan maupun perorangan.

“Rata-rata memang dari hasil kontak tracing dan juga masyarakat atau perusahaan yang melakukan swab mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatannya,” sebutnya.

Sementara itu Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi mengatakan, saat ini kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau masih turun naik. Untuk itu, Gubri mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan. Ia juga mengajak Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten/kota untuk ikut menekan kasus positif Covid-19.

“Kami harap tim satgas kabupaten/kota tetap melakukan operasi yustisi, dan melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Kemudian menyiapkan tempat isolasi mandiri, baik untuk pasien OTG dan bergejala ringan,” ujarnya.

Secara nasional, per penambahan positif sebanyak 4.070 orang. Sehingga totalnya menjadi 385.980 orang. Kemudian sembuh 4.119 orang, sehingga keseluruhan 309.219 orang. Kemarin, meninggal dunia tercatat 128 orang. Total keseluruhannya 13.207 orang. Virus corona ini sudah menyebar ke 34 provinsi dengan 501 kabupaten dan kota.

Sementara itu kasus positif total kini menjadi 385.980 orang sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret lalu. Hanya saja, kabar sedih adalah penambahan pasien meninggal yang cukup tinggi dalam sehari. Per Sabtu (24/10) ada penambahan kematian 128 jiwa. Sehingga, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 13.205 jiwa.

Dari total angka kasus positif kemudian dikurangi total sembuh dan angka kematian, maka kasus aktif per Sabtu (24/10) ada 63.556 pasien. Pemerintah juga menyatakan bahwa sampai saat ini ada 166.380 orang yang berstatus suspek terkait penularan virus corona. Hingga saat ini kasus Covid-19 sudah tercatat di 34 provinsi dengan total 501 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Penambahan kasus positif diketahui dengan pengetesan massal menggunakan PCR atau tes cepat molekuler berjumlah 39.922 spesimen. Sehingga total keseluruhan adalah 4.293.347 spesimen yang telah diperiksa.(aga)

Laporan SOLEH SAPUTRA dan DENNI ANDRIAN, Pekanbaru

Pesan Redaksi:

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Mari bersama-sama melawan Covid-19. Riaupos.co mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Ingat pesan Ibu, selalu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak serta hindari kerumunan.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan

 








youtube riaupos

Diskes Kampar Lawan Covid-19
Diskes Rohul Lawan Covid-19

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU






EPAPER RIAU POS  2020-11-30.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com