RIAU

DPRD Riau Optimis APBD 2022 Selesai Tepat Waktu

Riau | Kamis, 25 November 2021 - 13:30 WIB

DPRD Riau Optimis APBD 2022 Selesai Tepat Waktu
Hardianto (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau menggelar rapat paripurna, Rabu (24/11). Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto ini memiliki agenda penyerahan nota keuangan oleh Pemerintah Provinsi Riau terkait APBD Riau 2022. Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan komisi dan fraksi yang ada di DPRD Riau serta Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Saat rapat, Hardianto mengungkapkan, nota keuangan ini merupakan lanjutan dari memorandum of understanding (MoU) kebijakan umum anggaran plafon prioritas anggaran sementara (KUA-PPAS) beberapa hari yang lalu. "Dalam sebuah pembahasan APBD, setelah KUA PPAS disepakati, barulah diajukan nota keuangan atau RAPBD, itu disampaikan oleh Pemprov Riau kepada DPRD Riau," ujar Hardianto. 


Dia menambahkan nantinya fraksi di DPRD Riau akan memberikan pandangan umum terhadap nota keuangan yang disampaikan. Hal itu berdasarkan rapat badan musyawarah (Banmus) DPRD Riau. Dimana untuk jadwal sendiri sudah ditentukan akan dilaksanakan pada hari ini, Kamis (25/11).

“Setelah itu, Pemprov akan menjawab dalam rapat paripurna agenda jawaban kepala daerah terhadap pandangan umum, baru selanjutnya kita lakukan rapat antara badan anggaran (Banggar) dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD)," sebut Hardianto.

Lebih jauh, Hardianto mengaku optimis rapat ini bisa diselesaikan sesuai dengan ketentuan, yakni sebelum tanggal 30 November 2021. Sebab, jika melewati waktu tersebut, akan ada sanksi yang diberikan oleh kemendagri. "Di rapat Banggar dan TAPD itu kita membahas belanja saja, Insya Allah jika kita bisa mengikuti jadwal yang dibahas Banmus, kita optimis bisa siap sebelum batas waktu," tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau telah melaksanakan rapat paripurna dengan agenda penandatanganan kesepakatan nota kebijakan umum anggaran (KUA) prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2022, Senin (22/11) lalu. Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Riau Yulisman tersebut turut dihadiri Gubernur Riau Syamsuar. 

Selain itu, hadir juga wakil ketua DPRD Riau Syafaruddin Poti dan Agung Nugroho. Serta beberapa perwakilan unsur pimpinan DPRD Riau lainnya. Sedangkan dari pihak Pemprov dihadiri Sekda SF Hariyanto beserta beberapa kepala OPD. 

Ketua DPRD Riau Yulisman mengungkapkan, beberapa waktu lalu Gubri telah menyampaikan KUA-PPAS anggaran 2022 kepada DPRD Riau. Kemudian sebutnya, melalui rapat badan musyawarah DPRD Riau untuk dilakukan rapat paripurna sebagaimana dilaksanakan hari ini.

Bank BJB

Untuk itu jelas Yulisman, penandatanganan nota kesepakatan KUA-PPAS tahun anggaran 2022 merupakan penjabaran konkrit, dari peraturan tata tertib DPRD Riau nomor 1 tahun 2020 pasal 18 ayat 2.

Adapun isi pasal tersebut mengenai fungsi anggaran dilaksanakan dengan cara membahas kebijakan umum anggaran dan prioritas anggaran sementara, disusun oleh gubernur berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). Selanjutnya Ia mengungkapkan, ini juga terdapat pada pasal 19 ayat 6 tentang kebijakan umum APBD prioritas anggaran sementara, yang mendapat persetujuan bersama ditandatangani oleh gubernur dan DPRD.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja selama ini, sehingga nota kesepakatan KUA-PPAS ini dapat kita laksanakan. Semoga upaya kita bersama ini diridhoi oleh Allah," ucapnya.

Ketua DPRD Riau mengharapkan, tentunya setelah dilakukan penandatanganan nota kesepakatan ini, maka ia mengharapkan semua pihak terkait kiranya meluangkan waktu, pikiran dan tenaga bagi penyelesaiannya. Sehingga pembahasan APBD Riau 2022 dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditentukan.

"Dan yang terpenting yang menjadi perhatian kita bersama bahwa waktu yang tersedia cukup terbatas, untuk itu kami mengharapkan pembahasan APBD Riau ini dilakukan sesegera mungkin oleh badan anggaran (Banggar) dengan tim anggaran pemerintah daerah (TPAD)," tutupnya.(adv)
 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  1-DESS.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com