2019-NCOV BELUM MASUK INDONESIA

Pindai Suhu Tubuh Penumpang SSK II

Riau | Minggu, 26 Januari 2020 - 10:04 WIB

Pindai Suhu Tubuh Penumpang SSK II

(RIAUPOS.CO) -- Virus Corona atau 2019-novel coronavirus (2019-nCoV) membuat semua daerah waspada, termasuk Riau. Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan (Diskes) pun memasang alat thermal scanner atau pemindai suhu tubuh di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru untuk memindai penumpang terutama dari penerbangan internasional atau international flight.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pihaknya meminta masyarakat tetap waspada dan jangan panik dalam menyikapi yang mengganggu pernapasan hingga menyebabkan pneumonia ini. Virus ini mulai merebak di Wuhan, Cina sejak Desember 2019 dan menyebar ke tujuh negara lainnya yakni Thailand, Jepang, Korsel, Amerika Serikat, Singapura, Taiwan dan Vietnam.


“Sampai saat ini belum ada laporan dari kabupaten/kota dan sarana pelayanan kesehatan di Riau terkait virus tersebut, apakah sudah ada yang menjangkiti warga Riau. Kantor kesehatan pelabuhan telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan alat thermal scanner terhadap penumpang international flight yang tiba di Bandara SSK II dan pelabuhan yang ada di Riau,” katanya.

Selain di bandara, pihaknya juga memeriksa penumpang kapal yang baru datang dari Cina. Dari hasil pemeriksaan tersebut, para penumpang dari Cina yang merupakan kru kapal tidak ditemukan ada yang terindikasi terinfeksi Virus Corona.

“Pelabuhan-pelabuhan yang ada di Riau juga pemeriksaan lebih diketatkan lagi. Beberapa crew kapal dari Cina juga kami periksa dan alhamdulillah hasilnya negatif,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Mencuci tangan secara rutin sebelum memegang hidung, mata dan mulut. “Mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun cair serta bilas setidaknya selama 20 detik dan keringkan dengan tisu sekali pakai,” ajaknya.

Selain itu, Mimi juga mengingatkan, ketika memiliki gejala saluran nafas diimbau segera menggunakan masker dan segera pergi ke sarana pelayanan kesehatan terdekat. Kemudian juga hendaknya menutup hidung dan mulut ketika bersin. “Kami juga saat ini sudah menyiagakan tenaga medis di rumah-rumah sakit yang ada di Riau,” sebutnya.

2019-nCoV Belum Masuk Indonesia

Sementara itu, pemeriksaan pasien diduga mengidap 2019-nCoV sudah keluar. Setelah pasien di RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dan satu orang warga negara Meksiko yang dirawat di RS Umum Pusat (RSUP) Sanglah dinyatakan negatif, dua pasien lainnya pun mendapat vonis yang sama. Untuk saat ini Indonesia bebas 2019-nCoV.

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com