Sigit: Tekan Omicron dengan Soliditas dan Sinergisitas

Riau | Sabtu, 26 Februari 2022 - 10:23 WIB

Sigit: Tekan Omicron dengan Soliditas dan Sinergisitas
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Kapolda Riau Mohammad Iqbal dan Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung meninjau vaksinasi massal di SPN Polda Riau, Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang, Kampar, Jumat (25/2/2022). (MHD AKHWAN/RIAUPOS .CO)

TAMBANG (RIAUPOS.CO) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan akselerasi vaksinasi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jumat (25/2). Dalam kegiatan ini, Kapolri juga meninjau secara virtual pelaksanaan vaksinasi 34 provinsi di 6.274 titik.

Hadir saat peninjauan vaksinasi di SPN Polda Riau, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Kustoro. Juga hadir Ketua DPRD Riau Yulisman, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, Kajari Kampar Arif Budiman, Kapolres Kampar AKBP Rido Purba, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Oktavianus M Sinaga, dan Forkopimda lainnya.

Yamaha Alfa Scorpii

Pada tinjauannya langsung kali ini, Sigit menyampaikan, apresiasi dan terima kasih atas antusias warga Riau yang melakukan vaksinasi. Adapun target vaksinasi serentak di Riau sebanyak 65 ribu dosis.

"Tadi disampaikan di lokasi ini ada 2.500 yang akan divaksin dan targetnya hari ini (kemarin, red) total di Riau 65 ribu. Saya lihat pekan sebelumnya angkanya bisa di atas target. Harapan kita tentunya bagaimana terus ditingkatkan," kata Sigit.

Dalam menekan laju pertumbuhan Covid-19 khususnya varian Omicron, kata Sigit, diperlukan soliditas dan sinergitas dengan seluruh stakeholder dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19.

"Ini menjadi tugas kita bersama yang kita harapkan. Kita pernah menghadapi varian Delta dan kita menahan laju sehingga angka kita normal. Kita punya optimisme menghadapi varian Omicron dengan kekompakan, soliditas, sinergitas seluruh stakeholder dan masyarakat untuk melaksanakan aturan yang dibuat pemerintah," ujar Sigit.


Ia pun yakin dengan semua hal itu dapat melalui Covid-19 khususnya varian Omicron dengan baik. Penekanan laju pertumbuhan Covid-19 juga akan berdampak pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Apalagi, ke depan Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam beberapa perhelatan iven internasional maupun nasional. "Event besar kita hadapi di beberapa tempat. Kita harapkan tetap bisa dilaksanakan walaupun ada varian Omicron," ucap Sigit.

 Di sisi lain, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan secara umum positivity rate di wilayah Riau di angka 13 sampai dengan 14 persen. Yang artinya masih di bawah angka nasional sebesar 18 persen.

"Kesempatan ini harus dilakukan langkah-langkah untuk menjaga positivity ratenya betul-betul terjaga," tutur Sigit.

Adapun langkah-langkah untuk menjaga positivity rate adalah dengan akselerasi vaksinasi baik dosis pertama, kedua maupun vaksinasi booster. Kemudian mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker dan menjaga mengurangi interaksi apabila tak diperlukan kecuali memang kegiatannya harus dilakukan.

Mantan Kapolda Banten ini juga menuturkan bagaimana melakukan disiplin isolasi mandiri (isoman) dan mendorong masyarakat, khususnya yang memiliki komorbid yang tidak memiliki tempat isoman yang standar untuk didorong ke tempat isoter, karena memang lokasi itu, lebih baik dari sisi fasilitas maupun tenaga kesehatan yang ada.

"Rumah sakit rujukan untuk gejala sedang dan berat betul-betul harus dicek fasilitasnya sehingga pada saat masyarakat masuk khususnya yang komorbid dan lansia bisa dirawat dengan baik. Hal itu dilakukan untuk menjaga angka fatalitas agar tak meningkat," papar Sigit.

Secara umum, kata Sigit ada pergeseran dan penurunan tren angka Covid-19 di beberapa wilayah. Hal ini menjadi kabar baik, namun di kota lain ada peningkatan sehingga mau tak mau semua harus melakukan strategi terkait akselerasi vaksinasi, peningkatan protokol kesehatan, persiapan Isoman yang baik, isoter dan rumah sakit rujukan untuk merawat pasien.

Selain meninjau, Sigit juga melakukan dialog dengan seluruh jajarannya di Indonesia yang menggelar akselerasi vaksinasi serentak. Ia mengimbau untuk terus melakukan upaya dan strategi dalam hal penanganan dan pengendalian Covid-19.

Dorong Vaksinasi Anak
Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memantau langsung vaksinasi anak di SD 158 di Jalan Patimura, Kelurahan Kelurahan Cintaraja, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Menko Airlangga didampingi Gubernur Riau H Syamsuar, Wali Kota Pekanbaru Firdaus serta berbagai unsur pejabat yang ada di Kota Pekanbaru.
 



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com