WABAH VIRUS CORONA

Ade Agus Hartanto Usul Anggaran Mobdin Pimpinan DPRD Dialihkan untuk Atasi Covid-19

Riau | Kamis, 26 Maret 2020 - 14:45 WIB

Ade Agus Hartanto Usul Anggaran Mobdin Pimpinan DPRD Dialihkan untuk Atasi Covid-19
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau Ade Agus Hartanto SSos (tengah baju putih) bersama anggota foto bersama dengan Wakil Ketua dan anggota DPRD Inhu, Kamis (26/3/2020). (RAJA KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Komisi I DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kamis (26/3/2020). Kunker kali ini dalam rangka untuk menyamakan persepsi tentang penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kunker ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau Ade Agus Hartanto SSos di dampingi sejumlah anggota. Sementara Kunker tersebut diterima oleh Wakil Ketua I Masyrullah SP, Wakil II H Suwardi Ritonga SE dan sejumlah anggota DPRD beserta staf Setwan DPRD Kabupaten Inhu.

Ade Agus Hartanto SSos mengatakan, saat ini perlu penyamaan persepsi dalam penanganan COVID-19 antar DPRD. Sehingga tindakan nyata dalam menerangi COVID-19 lebih terarah dan terukur. "Memerangi COVID-19 ini sudah menjadi tanggung jawab bersama," ujar Ade Agus Hartanto S Sos.

Begitu juga dalam persiapan anggaran untuk penanganan COVID-19. Di mana anggaran yang sudah ada di APBD provinsi atau APBD kabupaten/kota, dicarikan solusinya untuk dapat dialihkan menjadi anggaran penanganan COVID-19.

Seperti dicontohkannya, saat ini pihaknya mendesak Gubernur Riau mengalihkan anggaran Bankeu sebesar Rp200 juta yang dialokasikan untuk desa agar dialihkan untuk penanganan COVID-19. Ketika anggaran itu disetujui, tentunya penanganan COVID-19 akan lebih terpadu hingga ke tingkat desa.

Kemudian, pihaknya juga mengusulkan anggaran pembelian mobil dinas pimpinan DPRD Provinsi Riau ditiadakan. "Ketika ketersediaan anggaran ada, tentunya langkah-langkah penanganan COVID-19 dapat dilakukan," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Inhu H Suwardi Ritonga SE mengatakan bahwa, pihaknya juga setuju tentang pengalihan sejumlah kegiatan yang sudah dianggarkan dalam APBD untuk penanganan COVID-19. "Tahun ini di APBD Inhu ada renovasi gedung DPR. Jika semua pihak setuju, anggaran tersebut agar dialihkan untuk penanganan COVID-19," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan salah seorang anggota DPRD Kabupaten Inhu, Suparman. Menurutnya, anggaran reses anggota DPRD Inhu juga layak untuk dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Karena jadwal reses anggota DPRD Inhu, jika dilaksanakan saat ini juga terkesan sia-sia. "Bagaimana mau menjemput aspirasi, berkumpul aja dilarang," tegasnya.

 

Laporan: Raja Kasmedi

Editor: E Sulaiman




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com