WABAH VIRUS CORONA

Kok Bisa, Riau Belum Ambil Jatah 2.000 APD dari Pusat 

Riau | Jumat, 27 Maret 2020 - 11:14 WIB

Kok Bisa, Riau Belum Ambil Jatah 2.000 APD dari Pusat 
Data distribusi alat pelindung diri (APD) dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk seluruh Indonesia. Ternyata jatah untuk Riau dengan jumlah 2.000 APD belum diambil. (YUSNIR/RIAUPOS.CO) 

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mendistribusikan sebanyak 151 ribu alat pelindung diri (APD) dari total 170 ribu stok yang ada. 

"Dari 170 ribu stok pelingung diri yang ada sampai dengan pagi ini sudah terdistribusi 151 ribu. Sehingga cadanagn nasional yg ada adalah 19 ribu," kata Paban IV/Operasi Dalam Negeri Kol Inf Aditya Nindra Pasha dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Meski sudah dialokasikan, namun masih banyak daerah yang belum mengambil dan mendistribusikan APD tersebut ke rumah sakit rujukan pemerintah yang menangani kasus Covid-19, termasuk Riau


"Beberapa yang sudah dialokasikan tetapi belum sempat didistribusikan atau belum diambil, tapi kita sudah alokasikan. Ada beberapa provinsi yaitu Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Gorontalo dan Suleweai Tengah," kata Aditya.

Aditya menjelaskan, terkait pelaksanaan distribusi dilakukan dengan dua skema, yang pertama di mana pendistribusian APD tersebut didorong  khususnya daerah-daerah yang memiliki kesulitan  transportasi. 

"TNI membantu mendukung pelaksanaan distribusi ke wilayah yang sulit dijangkau seperti di Papua dan perbatasan lainnya," katanya.

Aditya menuturkan daerah yang belum terdistribusi APD, hari ini daerah tersebut akan mengambil sesuai dengan yang dibutuhkan wilayah masing-masing.

Lebih lanjut, dia menegaskan, prioritas distribusi APD setiap daerah itu menjadi wewenang gugus tugas daerah tersebut. Untuk, tim Gugus Tugas daerah harus memiliki kepastian data pendistribusian APD tersebut.

"Gugus Tugas daerah memiliki data tentang spot-spot atau wilayah mana yang sangat membutuhkan, sehingga setiap rumah sakit bisa berkomunikasi dengan ke gugus tugas daerah sehingga mereka mendapat alokasi APD yang udah di didistribusikan," jelasnya.

 

Laporan: Yusnir (Jakarta)

Editor: E Sulaiman

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com