Waspada, Sepekan ke Depan Riau Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

Riau | Rabu, 27 November 2019 - 12:30 WIB

Waspada, Sepekan ke Depan Riau Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Kondisi itu setidaknya terjadi dalam sepekan ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo mengungkapkan, terdeteksi adanya peningkatan tekanan udara di wilayah Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir. Hal itu mengakibatkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan khatulistiwa (ekuator).


Desakan tersebut memberikan pasokan uap air yang cukup hingga bisa mengakibatkan pembentukan awan hujan yang signifikan di wilayah Indonesia. ”Sementara itu, angin timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian utara dalam beberapa hari ke depan,” jelas Prabowo kemarin (26/11).

Sementara itu, massa udara basah di lapisan rendah juga tengah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah dan utara, serta Papua.

Berdasar kondisi tersebut, BMKG memperkirakan, curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah. Pada periode 26 hingga 28 November 2019, wilayah yang berpotensi hujan deras meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, hingga Papua.

Lalu, periode 29 November hingga 2 Desember, potensi hujan lebat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Prabowo meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat. Misalnya, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Masyarakat juga disarankan melakukan persiapan datangnya musim hujan. Misalnya, membersihkan saluran air atau melakukan perantingan pohon untuk mengurangi potensi roboh. Juga menyiapkan sumber listrik cadangan jika sewaktu-waktu jaringan listrik putus karena tersambar petir.

Sumber: Jawapos.com
Editor: E Sulaiman



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com