Rangkaian Kegiatan ICCF 2021 Dimulai

Riau | Sabtu, 27 November 2021 - 11:00 WIB

Rangkaian Kegiatan ICCF 2021 Dimulai

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Indonesia Creative Cities Network (ICCN), yang merupakan simpul jejaring forum lintas komunitas se-Indonesia, kembali menyelenggarakan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF). ICCF adalah acara tahunan yang terdiri dari Indonesia Creative Cities Conference (ICCC), pameran produk lokal, pagelaran seni, dan sebagainya.

Untuk tahun ini, Provinsi Riau telah terpilih sebagai tuan rumah ICCF. Dimana penyelenggaraan kegiatan dipusatkan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak, pada 26 hingga 28 November.


Ketua Umum ICCN Tb Fiki C Satari mengatakan, pada kegiatan ICCF tahun ini juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesudibyo, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Decymus, 13 kepala daerah di Indonesia dan peserta lainnya.

"Penyelenggaraan ICCF kali ini pun bertepatan dengan digelarnya Kenduri Riau yang dimulai, Jumat (26/11) malam. Momentum ini menjadi makin istimewa dengan kehadiran Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar, Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, dan para tamu kehormatan lainnya," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kenduri Riau akan diawali dengan pembukaan ICCF 2021 oleh Gubernur Riau Syamsuar. Salah satu highlight pada rangkaian acara Kenduri Riau adalah peluncuran Buku Putih Kota Kreatif 2021: 10 Prinsip 11 Jurus Menuju Kota Masa Depan.

"Buku ini memuat kerangka kerja ICCN yang menjadi komitmen, berupa 10 prinsip kota kreatif Indonesia, dan pedoman bagi seluruh anggotanya dalam mewujudkan kabupaten/kota kreatif yang inklusif dan relevan dengan kemajuan zaman melalui penerapan Catha Ekadasa, atau 11 jurus untuk mewujudkan 10 prinsip tersebu," jelas Fiki.

Kegiatan lain pada Kenduri Riau adalah diluncurkannya gerakan "menJADIINdonesia" oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan para tamu kehormatan lainnya. Gerakan yang disebut sebagai "JADIIN" ini diinisiasi oleh Erick Thohir yang sempat menantang untuk sedapat mungkin mengenakan produk buatan Indonesia.

Bank BJB

"Gerakan ini mengajak setidaknya 60 persen saja barang buatan Indonesia digunakan oleh masyarakat," sebutnya.

Kenduri Riau juga dimeriahkan juga dengan digelarnya pesta rakyat, pameran produk dan jenama kreatif unggulan, serta fashion show. Tidak ketinggalan pula penampilan dari Gugun Blues Shelter dan Riau Rhythm.

"Kenduri Riau ini akan menjadi pembuka yang sangat berkesan bagi rangkaian acara ICCF selanjutnya, yaitu konferensi (ICCC) yang akan diselenggarakan Sabtu dan Ahad, 27-28 November 2021, yang juga akan dihadiri oleh para pemimpin daerah dan komunitas dari beragam wilayah di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rachmat mengatakan, kegiatan ICCF banyak memberikan manfaat bagi Provinsi Riau. Apalagi akan banyak perwakilan yang datang dari seluruh wilayah di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, juga jadi momentum kita untuk mempromosikan potensi yang ada di Riau. Baik itu dari sisi pariwisata dan juga ekonomi kreatifnya," ujarnya.(ade)

 





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com