PERISTIWA

BBKSDA Evakuasi Anak Beruang Madu Terjerat Tali Nilon

Riau | Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:00 WIB

BBKSDA Evakuasi Anak Beruang Madu Terjerat Tali Nilon
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi satwa liar jenis beruang madu (Helarctos malayanus) berumur satu tahun di Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupeten Indragiri Hulu, Kamis (26/3/2020) kemaren. (HUMAS BBKSDA RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Tim rescue Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil mengevakuasi satwa liar jenis beruang madu (Helarctos malayanus)  di Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kamis (26/3) kemaren.


Humas BBKSD Riau, Dian Indriati mengatakan,  25 Maret lalu  tim BBKSDA Riau mendapatkan informasi dari masyarakat  telah ditemukan satwa liar jenis beruang  madu  di perkebunan sawit milik masyarakat yang terjerat.

Setelah tim melakukan persiapan peralatan, tim menuju lokasi terjeratnya seekor anakan satwa beruang madu dan langsung mengadakan pengecekan. Pada 26 Maret, tim memutuskan untuk melanjutkan evakuasi sekaligus menunggu bantuan tim medis dari BBKSDA Riau.

"Saat itu, tim kesulitan untuk melakukan pelepasan dikarenakan masih ada induk beruang yang menunggu di tempat tersebut. Langkah awal yang  dilakukan adalah, menghalau induk yang masih menunggu anaknya," ujarnya, Jumat (27/3) kemaren.

Setelah induk beruang menjauh, tim segera melakukan penanganan terhadap anak beruang yang terjerat dengan cara memegang tubuh satwa secara bersama-sama (tanpa pembiusan) lalu memotong tali yang mengikat kaki depannya.

Setelah itu, lanjutnya, tim melepaskan  kaki kiri depan satwa yang terikat tali tambang jenis nilon, dengan terlebih dahulu mempertimbangkan kondisi luka pada kaki yang terjerat tidak luka, melepas satwa tersebut untuk kembali pada induknya.

"Setelah berhasil melepaskan anak beruang tersebut, tim BBKSDA bersama masyarakat langsung melakukan penyisiran jerat yang ada disekitar kebun sawit  dan berhasil mendapatkan tiga unit jerat tambang nilon," terangnya.(dof)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-01.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com