PANDEMI COVID-19

Sudah 113 Orang Positif dari Klaster Sekolah

Riau | Minggu, 28 November 2021 - 09:24 WIB

Sudah 113 Orang Positif dari Klaster Sekolah
Mimi Yuliani Nazir (DOK RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Klaster sekolah terjadi di salah satu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) di Pekanbaru. Jika sehari sebelumnya sebanyak 54  pelajar dinyatakan positif Covid-19, Sabtu (27/11) jumlah tersebut bertambah 59 orang, termasuk 10 guru. Sehingga, totalnya menjadi 113 orang. Mereka saat ini menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, penambahan kasus positif di SMP IT tersebut setelah dilakukannya pemeriksaan terhadap seluruh pelajar yang berada di asrama sekolah yang menerapkan sistem boarding.


“Setelah dilakukan pemeriksaan dan tracing kontak, pasien positif Covid-19 dari sekolah tersebut bertambah 59 orang lagi, sehingga total 113 pelajar terkonfirmasi positif Covid-19," kata Mimi, Sabtu (27/11).

Lebih lanjut dikatakannya, kepada para pelajar yang positif Covid-19 sudah langsung diisolasi di asrama dan dipisah dengan siswa yang negatif. Sementara siswa yang negatif dilakukan isolasi terlebih dahulu selama lima hari di asrama, setelah itu baru bisa dipulangkan.

“Pelajar yang positif Covid-19 ada tidak bergejala. Jadi saat dilakukan pemeriksaan rutin terdeteksi siswa yang positif. Mereka semua sudah divaksin dua kali, mudah-mudahan tidak ada yang parah, karena sudah divaksin," ujar Mimi.

Dijelaskan Mimi, penambahan pasien positif Covid-19 saat ini tidak hanya dari pelajar SMP IT tersebut saja, namun juga ada dari daerah lain. Tercatat, Sabtu (27/11), total terjadi penambahan 63 pasien positif Covid-19. Jadi,l total penderita Covid-19 di Riau menjadi 128.405 orang.

Karena itu, pihaknya meminta masyarakat Riau untuk tetap waspada dan terus menjalankan protokol kesehatan. “Sekarang kasus Covid-19 di Riau sudah mulai naik lagi, bahkan di negara-negara Eropa juga terus meningkat. Jadi masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan," imbaunya.

Bank BJB

Sementara itu, untuk pasien yang sembuh juga bertambah dua pasien, sehingga total 124.044 orang yang sudah sembuh. Untuk kabar baiknya, tidak terdapat penambahan pasien yang meninggal dunia. Sehingga total pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Riau masih sebanyak 4.116 orang.

Dari total pasien positif Covid-19 Riau, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 23 orang. Sementara yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 222 orang. Sehingga saat ini jumlah pasien yang masih menjalani perawatan baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri ada 245 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan sekolah ini sempat ditegur karena abai protokol kesehatan. “Benar mereka pernah kita tegur karena abai prokes. Tapi sekarang sudah diperketat lagi dan di sana juga ada fasilitas yang cukup memadai untuk mereka melakukan isoman (isolasi mandiri)," ujar Pekanbaru Ismardi Ilyas kepada Riau Pos, Sabtu (27/11).





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com