BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG)

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Riau | Senin, 29 Maret 2021 - 10:50 WIB

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem
ilustrasi (BMKG.GO.ID)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia pada 26 Maret-1 April 2021 mendatang.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru Marzuki,  dalam sepekan ke depan, kondisi cuaca akan didominasi  curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di wilayah Riau, Ahad (28/3).


Oleh karena itu, masyarakat harus mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah  Kampar,  Pelalawan,  Indragiri Hulu,  Rokan Hulu,  Siak, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai pada malam atau dinihari.

“Saat ini di wilayah Riau sudah memasuki pancaroba di mana akan terjadi perpindahan cuaca,” ucapnya.

Selain itu, musim hujan pertama di Riau ini diprediksi akan terjadi diakhir Maret sampai dengan akhir April. Di mana, Riau tercatat memang memiliki dua kali masa transisi musim kemarau ke hujan sehingga pada masa tersebutlah sebagian kawasan di Riau terpantau mulai mengalami hujan dengan intensitas yang beragam.

“Masa pancaroba ini biasa ditandai dengan peluang angin kencang yang disertai petir. Kami perkirakan Ramadan ini juga cuaca akan lebih banyak hujannya karena kita sudah masuk dalam musim hujan di April mendatang,” katanya.(ayi)

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg

telatah ramadan

Lawe

Rabu, 21 April 2021
Lawe




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com