Tol Pekanbaru-Bangkinang Dipasang Alat Pendeteksi ODOL

Riau | Selasa, 29 November 2022 - 09:00 WIB

Tol Pekanbaru-Bangkinang Dipasang Alat Pendeteksi ODOL
Ilustrasi (DOK: RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pembenahan dan penataan terus dilakukan di jalan bebas hambatan, Tol Pekanbaru-Bangkinang. Sebelumnya, tol dengan panjang 40 Km tersebut telah mulai dibuka dan dapat digunakan oleh masyarakat. Terbaru, pihak terkait bakal memasang sistem teknologi Weight in Motion (WIM).

Di mana, sistem ini dapat mendeteksi kendaraan yang masuk kategori Over Dimension Over Loading (ODOL). Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Riau Kompol Budi Setiawan usai melakukan pengecekan di Tol Pekanbaru-Bangkinang, Senin (28/11). 

Yamaha Alfa Scorpii

Dikatakan Budi, kendaraan ODOL merupakan kendaraan angkutan yang memiliki dimensi dan muatan berlebih, atau tidak sesuai regulasi yang berlaku. Agar kendaraan ODOL tidak bisa masuk ke Jalam Tol Pekanbaru-Bangkinang, pada gerbang masuk dan keluar dipasang alat pendeteksi kendaraan ODOL ini.

“Sedang dipasang, bulan depan sudah operasi,” ujarnya. 

Ia menegaskan, bagi kendaraan ODOL yang masih coba-coba nekat masuk tol, maka petugas akan melakukan penegakan hukum. Diungkapkan mantan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru ini, kelengkapan Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah cukup baik. Mulai dari sarana dan prasarana, rambu lalu lintas, pita kejut, hingga scotlight atau pemantul cahaya.

“Tinggal rest area belum siap. Untuk rest area baru siap lokasinya saja. Mungkin dalam beberapa waktu ke depan sudah tersedia,” ucapnya.

Rencananya, di Tol Pekanbaru-Bangkinang akan dipasang kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Ditambahkan Kompol Budi, Satuan PJR Ditlantas Polda Riau terus melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Kampar dalam hal pengamanan dan patroli Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Di mana petugas akan siap untuk melakukan pengamanan jalur, berpatroli, hingga melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) sesuai SOP. Kasat PJR menambahkan, Tol Pekanbaru - Bangkinang sudah siap untuk dioperasikan secara penuh.

“Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah siap menunggu peresmian, informasi awal akan diresmikan serentak bersama Tol di Bengkulu oleh Bapak Presiden Jokowi,” pungkasnya.(nda)

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riaupos-bappeda-bengkalis
dispora rohul -  riau pos



riaupos-kpu meranti

pn bengkalis -  riau pos




Beacukai

Badminton BRI - Riau Pos

riaupos-golkar

riaupos stain bengkalis


EPAPER RIAU POS  2023-01-28.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com