Peduli Lingkungan, PLN Tanam Seribu Mangrove di Sungai Apit

Riau | Minggu, 30 Juni 2019 - 11:43 WIB

Peduli Lingkungan, PLN Tanam Seribu Mangrove di Sungai Apit
BIBIT: Plh Pejabat Pengendali K3L Unit Induk P3BS Idhamsyah Khalid dan jajaran menyerahkan bibit mangrove kepada Penghulu Kayu Ara Permai Abdul Razak dalam program penggiat lingkungan di Kecamatan Sungai Apit, Siak, baru-baru ini. (PLN UIP3BS FOR RIAU POS)
SIAK (RIAUPOS.CO) -- Abrasi dan banjir rob merupakan permasalahan lingkungan yang umum terjadi di daerah-daerah pesisir pantai, termasuk di wilayah Siak khususnya Kecamatan Sungai Apit.
 
Atas berbagai dampak yang terjadi ini, PT PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera (UIP3BS) ingin berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Konservasi hutan mangrove pun dilakukan Sabtu (29/6) siang.

Bukan saja penanaman 1.000 mangrove di Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, Siak dilakukan PT PLN sebagai langkah nyata. Namun juga berikut memberikan edukasi pengelolaan ekowisata mangrove dan program pendampingan pengelolaan ekowisata.

Demikian disampaikan Pejabat Operasional Lingkungan PT PLN dari UIP3BS Wahyu Sudrajat menginformasikan kepada Riau Pos Sabtu sore. Menurutnya kegiatan yang digelar di Sungai Apit merupakan program penggiat lingkungan PT PLN. Dengan mengangkat tema pemberdayaan ekowisata mangrove Desa Kayu Ara Permai.

‘’Program ini bertujuan dalam upaya kita melakukan penyelematan lingkungan terutama daerah pesisir. Juga meningkatkan wawasan kepada masyarakat di sekitar kawasan mangrove tentang pemanfaatan hingga menjadi ekowisata,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sungai Apit Wahyudi, Danramil Sungai Apit Sabar R, Perwakilan Polsek Sungai Apit Erizon, Penghulu Kampung Kayu Ara Permai Abdul Razak. Dari pihak PLN Tim Biro K3L Unit Induk P3BS Plh Pejabat Pengendali K3L Idhamsyah Khalid, Pejabat Operasional K3 Alnadi.

Lebih lanjut Pejabat Operasional Lingkungan  PT PLN Wahyu Sudrajat menambahkan pemberian edukasi pemanfaatan mangrove yang dapat diolah menjadi produk bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Mulai sirup atau makanan ringan misalnya.

‘’Pemanfaatan ini akan berkelanjutan, jadi bukan sekarang di edukasi begitu saja, tapi nanti akan dilanjutkan kembali dengan mengundang pemateri yang paham bagaimana pengembangan bidang pengolahan mangrove ini,” sambungnya.

Sementara itu Camat Sungai Apit Wahyudi menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PT PLN di Kampung Kayu Ara tersebut. Menurutnya, dukungan pemerintah setempat dan masyarakat diharapkan dapat seiring sejalan dengan tujuan pelaksanaan program.

‘’Mudah-mudahan program ini dapat terus berlanjut sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” sambungnya.(egp)

 

 

 
Editor: Eko Faizin







youtube riaupos

Diskes Kampar Lawan Covid-19
Diskes Rohul Lawan Covid-19

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com