Riau Siaga Darurat Banjir

Riau | Rabu, 30 November 2022 - 10:54 WIB

Riau Siaga Darurat Banjir
Grafis (DOK: RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Lima kabupaten/kota di Riau telah menetapkan status siaga darurat banjir mengingat curah hujan di Riau saat ini terus meningkat. Untuk status siaga darurat banjir tingkat provinsi, baru akan ditetapkan pada 1 Desember 2022, besok.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, penetapan status siaga darurat banjir ditetapkan setelah status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau resmi dicabut. “Status siaga darurat karhutla diakhiri 30 November atau tidak kita perpanjang. Setelah itu ditetapkan siaga darurat banjir per 1 Desember,” kata Gubri Syamsuar, Selasa (29/11).

Yamaha Alfa Scorpii

Berdasarkan prediksi dari BMKG, untuk tahun depan terkait cuaca mengalami ketidakpastian. Dengan artian pada musim kemarau bisa saja terjadi hujan, atau sebaliknya.

“Karena itu kami diminta untuk hati-hati, tapi analisa BMKG kemungkinan musim panas itu mulai Maret. Kemungkinan tahun depan untuk penetapan status siaga darurat karhutla di Riau ditetapkan mulai Maret. Kalau tahun ini kan mulai Februari,” ujarnya. Untuk diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, hingga saat ini menerima laporan sudah ada lima daerah di Riau yang menetapkan status siaga darurat banjir. Penetapan status siaga darurat banjir tersebut menyusul sudah terjadinya banjir akibat intensitas hujan yang terus meningkat.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur mengatakan, saat ini sejumlah daerah di Riau mulai dilanda bencana banjir akibat intensitas hujan yang mulai tinggi. Adapun daerah yang sudah menetapkan status siaga darurat banjir di antaranya adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi, Pelalawan, Kampar, dan Indragiri Hilir. “Iya, sudah ada lima daerah di Riau yang menetapkan status siaga banjir,” kata Jim.

Menurut keterangan Jim, selain curah hujan yang mulai tinggi, saat ini di wilayah pesisir Riau juga terjadi pasang laut sehingga airnya tertahan dan menyebabkan banjir. “Sejauh ini kondisi banjir seperti di Kabupaten Siak dan Bengkalis sudah mulai surut,” sebutnya.

BPBD Riau saat ini juga sudah menyiagakan personel dan peralatan untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Hal ini disiapkan sebagai bentuk antisipasi adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah Provinsi Riau.

Menyikapi kondisi cuaca saat ini, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada BPBD kabupaten/kota untuk siap siaga. Karena saat ini sudah terjadi peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Sehingga BPBD kabupaten/kota diminta meningkatkan kewaspadaan.

“‎Kami sudah sampaikan ke BPBD kabupaten/kota agar semua peralatan dan personel termasuk logistik, semuanya disiapkan. Kalau memerlukan bantuan segera laporkan kepada kami,” ujarnya.(das)

Laporan SOLEH SAPUTRA, Pekanbaru









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riaupos-bappeda-bengkalis
dispora rohul -  riau pos



riaupos-kpu meranti

pn bengkalis -  riau pos




Beacukai

Badminton BRI - Riau Pos

riaupos-golkar

riaupos stain bengkalis


EPAPER RIAU POS  30-Januari.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com