PANDEMI CORONA

Di Rohil, Ada Ribuan Vaksin Kedaluarsa

Rokan Hilir | Senin, 03 Januari 2022 - 17:40 WIB

Di Rohil, Ada Ribuan Vaksin Kedaluarsa
CICI SULASTRI (DOK.RIAUPOS.CO)

BAGANSIAPIAPI (RIAUPOS.CO) - Ribuan dosis vaksin di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dikategorikan kedaluarsa sehingga tidak bisa dipergunakan untuk kegiatan vaksinasi. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohil Cici Sulastri SKM MSi menyebutkan untuk vaksin yang dikategorikan Expired Date (ED) atau kadaluarsa tersebut terdiri dari jenis Pfizer 139 vial atau terdiri dari 834 dosis.

Yamaha Alfa Scorpii

"Untuk vaksin di Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) yang ED Pfizer 834 dosis, selanjutnya di Puskesmas Bagan Batu Pfizer 106 vial atau 636 dosis," kata Cici. 

Sementara itu untuk vaksin Astra Zeneca yang tanggal kadaluarsanya 31 Desember 2021 di IFK sudah habis didistribusikan ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada. 

Living World Pekanbaru

Sejauh ini pihaknya belum mengambil tindakan lebih lanjut terkait dengan keberadaan vaksin yang tidak bisa dipergunakan tersebut.

"Jadi untuk vaksin yang ED tersebut tetap disimpan di suhu 2-8 celcius, tapi dipisah dan diberi label ED sampai ada instruksi pemusnahan dari propinsi atau Kemenkes," kata Cici.



Laporan: Zulfadhli (Bagansiapiapi)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com