Penanganan Karhutla Tugas Bersama

Rokan Hilir | Jumat, 07 Februari 2020 - 09:15 WIB

Penanganan Karhutla Tugas Bersama
Rakornas Karhutla: Bupati Rohul H Sukiman sedang berjalan keluar dari istana presiden, usai mengikuti Rakornas Pengendalian Karhutla di Jakarta, Kamis (6/1/2020). (humas pemkab rohul for riau pos)

ROKAN HILIR (RIAUPOS.CO) -- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, Kamis (6/2) menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2020 yang diselenggarakan di istana negara.

Rakornas dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan sinergi dalam pengendalian Karhutla tahun 2020.

Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Kamis, (6/2), mengatakan sesuai arahan presiden, pengendalian Karhutla merupakan tanggung jawab bersama, dan perlu peran semua pihak agar bencana ini bisa teratasi sedini mungkin.

Tak hanya Karhutla, menurutnya, pemerintah daerah bersama masyarakat harus bersama-sama melakukan penanggulangan dan dampak resiko dari musibah bencana alam.

"Dalam kegiatan ini, para peserta mendapat pesan langsung dari Presiden Jokowi. Yang meminta agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa menjaga komunikasi yang baik," ujarnya.

Orang nomor satu di Rohul itu mengatakan, presiden menekankan pada dua hal, pertama sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah. Kedua, upaya pencegahan bencana, harus melibatkan semua komponen, terutama masyarakat.

Karena ada rencana yang berulang seperti kebakaran hutan dan banjir merupakan dua jenis bencana yang sering terjadi karena keteledoran manusia.

Bupati menjelaskan, Pemkab Rohul akan mengikuti dan menjalankan apa yang menjadi arahan dan instruksi Presiden Joko Widodo.

"Tentunya kita Pemkab Rohul, akan mengikuti dan menjalankan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi arahan bapak presiden, terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan," jelasnya. (adv)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com