Wabup Dukung Lestarikan Permainan Gasing

Rokan Hilir | Sabtu, 07 Desember 2019 - 09:02 WIB

Wabup Dukung Lestarikan Permainan Gasing
FOTO BERSAMA: Wabup Rohil Drs H Jamiludin foto bersama perangkat kepenghuluan dan panitia di Labuhan Tangga Kecil saat penutupan turnamen terbuka gasing di kepenghuluan tersebut, Kamis (5/12/2019) sore. (Humas Pemkab Rohil)

ROKANHILIR (RIAUPOS.CO) -- Pangkah gasing merupakan salah satu permainan tradisional rakyat yang masih dilestarikan di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Bangko. Masyarakat setempat mengelar kejuaraan open turnamen gasing Rang Kayo Enggut, yang resmi ditutup oleh Wakil Bupati (Wabup) Rohil Drs H Jamiludin, Kamis (15/12) sore.


Sebelum acara penutupan, wabup berkesempatan menonton secara langsung pertandingan final antara tim Gasing Hogas berhadapan dengan tim Wilmar yang dimenangkan oleh Tim Hogas dengan skor 2-0.

Dengan hasil ini tim Hogas berhasil meraih juara I pada turnamen gasing dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-I Badan Usaha Milik Kepenghuluan (BUMKep) di desa tersebut. Penutupan turnamen gasing ditandai dengan pemberian hadiah juara I yang diserahkan langsung oleh Wabup Jamiludin, dilanjutkan Penghulu Labuhan Tangga Kecil Eduard Adi menyerahkan untuk Juara II dan Ketua Bumkep Mulya Kusnadi menyerahkan untuk pemenang Juara III.

"Permainan tradisional ini perlu dilestarikan dan kedepan kami berharap ada regulasi permanen yang baku dalam permainan gasing. Hal ini perlu agar dapat diaplikasikan pada kejuaraan gasing di tingkat kabupaten," ujar Jamiludin.

Selanjutnya Jamiludin menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan yang ditaja. Dirinya berjanji akan  melaksanakan kembali turnamen gasing di Desa Labuhan Tangga Kecil ini pada tanggal 5 Februari 2020 mendatang. Dia menyatakan diri siap untuk menjadi sponsor.

"Saya akan titipkan dana Rp10 juta nanti kepada panitia yang ada ini. Untuk melaksanakan kembali turnamen gasing pada bulan Februari nanti," tukasnya,.

Jamiludin menegaskan, panitia yang sudah terbentuk pada turnamen dinyatakan sebagai panitia pelaksana kejuaran pada bulan Februari mendatang. Hal ini dilakukannya karena panitia pelaksanaan turnamen ini dinilai sukses menggelar kegiatan.(adv)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com