Melihat Gerakan Jaga Kampung Polsek Bangko di Ponpes Raudhatul Jannah

Rokan Hilir | Kamis, 09 Juli 2020 - 14:25 WIB

Melihat Gerakan Jaga Kampung Polsek Bangko di Ponpes Raudhatul Jannah
Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH dan Camat Bangko Rijalul Fikri menaburkan bibit ikan di kolam budidaya disaksikan pimpinan Ponpes Raudhatul Jannah Kh A Syukur saat launching kampung tangguh nusantara, gerakan jaga kampung di Bagansiapiapi, Kamis (9/7/2020).(ZULFADHLI/RIAUPOS.CO)

BAGANSIAPIAPI (RIAUPOS.CO) - Kemandirian setiap lingkungan desa atau kampung dalam memenuhi pangan sangat diperlukan terlebih ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi. Hal itu yang menjadi perhatian sehingga dilaksanakan launching kampung tangguh nusantara, gerakan jaga kampung Polres Rohil, dimana untuk Polsek Bangko dipusatkan di Ponpes Raudhatul Jannah, di Bagansiapiapi, Kamis (9/7/2020).

Hadir Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Camat Bangko Rijaluk Fikri, pengurus Lembaga Adat Melayu (Melayu) Bangko dan Kecamatan Pekaitan, serta perangkat RT/RT, pustu Bagan Barat, pimpinan Ponpes Raudhatul Jannah Kh A Syukur. 


Kegiatan serupa dilaksanakan secara nasional sebagai bentuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan yang dimulai dari tingkat kampung. 

"Kegiatan ini bukan saja oleh kepolisian tapi terkait juga akan peran gugus tugas, salah satu bentuknya dengan penerapan protokol kesehatan pada saat masuk kampung seperti cuci tangan, cek suhu, mengenakan masker serta menjaga jarak," kata kapolsek. 

Khusus untuk Kecamatan Bangko dirinya menghimbau agar setiap lingkungan kepenghuluan mulai dapat menerapkan ketahanan pangan secara mandiri, dimana sebagai pilot project adalah di pesantren tersebut. Beberapa item kegiatan terkait dengan ketahanan pangan adalah pemanfaatan lahan sekitar dengan penanaman sayur-sayuran berupa sawi, bayam, kangkung, budidaya ikan dan lain-lain. 

"Jika hal ini dilakukan dengan baik maka dampak dari Covid-19, terkait pangan dapat ditanggulangi," kata Sasli Rais. 

Pimpinan ponpes A Syukur menyampaikan apresiasi dan terimakasih dengan kehadiran jajaran Polsek Bangko dan menerapkan pontren tersebut sebagai pelaksanaan program Jaga Kampung di lingkungan Kecamatan Bangko. 

"Kami sampaikan terimakasih atas perhatian yang diberikan, semoga tetap istiqomah membantu dan terus semangat dalam menjalankan tugas sehari-hari," kata Kh Syukur. 

Laporan : Zulfadhli (Bagansiapiapi)

Editor: Eka G Putra



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com