Musrenbang Harus Perhatikan Aspirasi Masyarakat

Rokan Hilir | Rabu, 12 Februari 2020 - 09:50 WIB

Musrenbang Harus Perhatikan Aspirasi Masyarakat
MUSRENBANG: Suasana musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020 tingkat Kecamatan Batu Hampar, Selasa (11/2/2020). (Humas Pemkab Rohil)

ROKAN HILIR (RIAUPOS.CO) -- Wakil Ketua DPRD Rokan Hilir (Rohil) Basiran Nur Efendi SE menghadiri kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Batu Hampar yang digelar di aula kantor camat, Selasa (11/2).

Turut hadir sejumlah anggota dewan, camat dan Unsur pemerintahan kecamatan (Upika) Batu Hampar serta perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda Rohil. Kabid Ekonomi Bappeda Rohil Ahmad Sukri menerangkan, musrenbang dan RKPD ini merupakan suatu rangkaian dalam rangka pengusulan kegiatan untuk tahun 2021 untuk di tingkatan Kecamatan Batu Hampar tersebut.

"Agenda di Kecamatan Batu Hampar ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kepentingan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing. Partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting," ujarnya.

Diterangkan dia, partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan dengan melibatkan pemangku kepentingan. Pembangunan daerah pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan sebagaimana mengacu pada UU No.2/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis dan operatif.(adv)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com