Perusahaan Diminta Berdayakan Naker Lokal

Rokan Hilir | Kamis, 13 Februari 2020 - 09:16 WIB

Perusahaan Diminta Berdayakan Naker Lokal
Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi SE mengambil sirih yang disajikan penari persembahan pada saat menghadiri satu acara di Bagansiapiapi.(Humas Pemkab Rohil for Riaupos.co)

ROKAN HILIR (RIAUPOS.CO) -- Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp mengharapkan perusahaan yang beroperasi di wilayah Rohil agar mengutamakan penggunaan tenaga kerja (naker) lokal.

Hal itu disampaikan Bupati di sela menghadiri peresmian sebuah SPBU di Jalan Bintang, Kepenghuluan Bagan Jawa, Bangko beberapa waktu lalu.

"Hendaknya tenaga kerja lokal diberdayakan, seperti yang telah dilaksanakan oleh SPBU ini dimana banyak naker lokal," kata Bupati.

Bupati mengaku mendapatkan informasi langsung setelah bertanya dengan sejumlah petugas pengisian yang bekerja di tempat tersebut. Seluruhnya adalah warga Bagansiapiapi umumnya yang berada di sekitaran lokasi SPBU tersebut.

Kebijakan yang telah dilakukan oleh manajemen perusahaan tersebut dipuji Bupati, karena peduli dengan pemberdayaan masyarakat setempat. Ia mengharapkan agar hal itu dapat ditiru oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Rohil tanpa terkecuali.

Apalagi, kata Bupati, saat menyampaikan sambutan terkait dengan penggunaan naker lokal itu sudah ada payung hukumnya berupa peraturan daerah (perda) yang sifatnya mengikat. Untuk perusahaan di Rohil cukup banyak, mulai dari perkebunan, perhotelan, toko dan sebagainya. Menurut Bupati, jika semua perusahaan itu peduli untuk merekrut naker setempat maka persoalan pemerintah untuk mengatasi angka pengangguran dapat dilakukan bersama.

"Apa yang sudah dilakukan oleh SPBU ini hendaknya dapat ditiru oleh perusahaan yang lain. Saya sudah bertanya langsung kepada anak-anak petugas pengisian dan mereka orang sini. Kami memberikan apresiasi atas kepedulian perusahaan," tegas Bupati lagi.(adv)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com