Pemkab Dukung Pembangunan Lapas Baru

Rokan Hilir | Sabtu, 15 Februari 2020 - 10:27 WIB

Pemkab Dukung Pembangunan Lapas Baru
Bupati Rohil H Suyatno AMp foto bersama sejumlah pejabat forkopimda pada sebuah acara terkait pengawasan di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Bagansiapiapi, belum lama ini. (Zulfadhli/RiauPos.co)

ROKAN HILIR (RIAUPOS.CO) -- PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memberikan dukungan untuk pembangunan Lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang baru. Dukungan itu menyikapi kondisi lapas yang saat ini masih mengalami over kapasitas. Dalam sejumlah kesempatan hal itu ditegaskan oleh Bupati Rohil H Suyatno termasuk saat menghadiri salah satu acara di Lapas Bagansiapiapi belum lama ini.

"Intinya pemerintah mendukung untuk pembangunan lapas. Dalam artinya siap untuk menyediakan lahan yang diperlukan," sebut bupati.

Suyatno mengaku cukup prihatin melihat masih terjadinya over kapasitas antara ruangan yang tersedia dibandingkan dengan jumlah warga binaan yang terus bertambah.

Sejumlah lokasi telah disiapkan pemda setempat untuk pilihan pembangunan lapas baru diantaranya di Kecamatan Bangko. Namun belakangan bupati menyarankan agar lokasi lapas sebaiknya di Ujung Tanjung saja dengan alasan dari segi kondisi lahan yang lebih baik. Ditambah pertimbangan jarak yang dekat dengan kantor Polres serta Pengadilan Negeri (PN) Rohil. Sehingga untuk keperluan seperti persidangan dapat lebih cepat dijangkau.

"Beberapa pertimbangannya untuk memudahkan untuk koordinasi yang diperlukan," imbuh bupati.

Terpisah, Kepala Lapas Kelas II A Bagansiapiapi Wachid Wibowo AmDip SSos MM mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi untuk tempat yang direncanakan pembangunan lapas baru. Terdapat lima titik yang ditinjau di wilayah Ujung Tanjung, Tanah Putih kemarin.

"Memang dulu direncanakan pembangunannya di daerah Batu Enam seluas lebih kurang 3.8 hektare, namun karena struktur tanah yang masih gambut, makanya untuk pembangunan direncanakan di Ujung Tanjung," ujar Wachid.

Dengan pertimbangan yang diperlukan terutama untuk aspek keselamatan warga binaan, ketahanan bangunan dan sebagainya maka untuk lokasi yang dinilai tepat adalah di Ujung Tanjung. Wachid mengatakan telah bertemu dengan bupati usai sertijab dirinya sebagai kalapas beberapa waktu lalu dan soal pembangunan itu turut dibahas. Pertimbangan lain tidak terlepas dari status dari yang sebelumnya Cabang Rumah Tahanan (Cabrutan) yang berganti menjadi Lapas pada saat ini.(adv)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com