21 Januari 2021, Sembilan Datuk Penghulu di Rohil Dilantik

Rokan Hilir | Rabu, 20 Januari 2021 - 18:18 WIB

21 Januari 2021, Sembilan Datuk Penghulu di Rohil Dilantik
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohil Yandra MSi.(DOK.RIAUPOS.CO)

BAGANSIAPIAPI (RIAUPOS.CO) - Pasca pelaksanaan Pemilihan Kepenghuluan (pilpeng) serentak tahap III yang digelar akhir 2020 lalu, sejumlah kepenghuluan tersebut akan dilaksanakan pelantikan terhadap datuk penghulu yang dinyatakan terpilih memenangkan suara mayoritas masyarakat.

Pelantikan itu tidak terlepas juga dari adanya arahan oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno dan dipastikan tidak ada permasalahan terkait dengan pelaksanaan pilpeng di tingkat kepenghuluan tersebut.


"Ya ada sembilan datuk penghulu yang segera dilantik, dari arahan bupati untuk pelantikan penghulu tersebut digelar pada 21 Januari ini," kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohil Yandra MSi.

Untuk loksi pelantikan akan dipusatkan di satu tempat, dengan harapan menghindari terjadinya kerumunan sekaligus agar lebih efektif. PMD terangnya telah memangil sembilan datuk penghulu yang akan dilantik tesebut, dan berdiskusi untuk tempat pelantikan. 

Ada beberapa opsi yang tersedia yakni bisa di tingkat kecamatan, kepenghuluan terkait atau dipusatkan di kabupaten saja sehingga diharapkan terjadi pembatasan jumlah yang hadir sesuai prokes.

Adapun datuk penghulu yang dijadwalkan dilantik yakni dari kepenghuluan Suka Maju (Bagan Sinembah), Pematang Ibul (Bangko Pusako), Suka Jadi (Pujud), Menggala Sempurna, Manggala Sakti, Sekeladi Hilir, Teluk Mega (Tanah Putih), Melayu Tengah (Tanah Putih Tanjung Melawan) dan Pulau Halang Belakang (Kubu Babussalam).

Menghadapi pelantikan itu pihaknya melakukan serangkaian persiapan, agar kegiatan dimaksud bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sementara diketahui ada tiga kepenghuluan lagi yang belum bisa digelar pelantikan meskipun telah selesai pelaksanaan pilpeng dalam pemilihan serentak pada Desember lalu. 

Hal itu disebabkan adanya permasalahan terkait dengan pelaksanaan pilpeng dan pihaknya akan berusaha mencarikan solusi terbaik atas permasalahan yang ada sesuai dengan aturan berlaku.

Laporan: Zulfadhli (Bagansiapiapi)

Editor: Eka G Putra


Hutama Karya

BJB KPR GAUL






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-03-04.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com