Peduli Karhutla Harus Bersama

Rokan Hilir | Kamis, 20 Februari 2020 - 13:59 WIB

Peduli Karhutla Harus Bersama
Bupati Rohil H Suyatno AMp acungkan jempol saat mendampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SIK MH menyerahkan bantuan peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada perwakilan camat didampingi Forkopimda Rohil, di Mapolres Rohil, Ujung Tanjung, Rabu (19/2/2020). (Zulfadhli/riau pos)

ROKAN HILIR (RIAUPOS.CO) -- Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp mengajak semua pihak untuk dapat bersama peduli dengan permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi. Kewaspadaan bisa dilakukan di lingkungan masing-masing dan segera dikoordinasikan dengan pihak terkait sehingga dapat dilakukan pemadaman segera.

"Kita perlu bekerja sama, semua harus bersatu padu untuk waspada karhutla. Begitu juga melakukan upaya pemadaman jika sudah terjadi," kata Bupati saat menghadiri kegiatan di Mapolres Rohil di Ujung Tanjung, Tanah Putih, Rabu (19/2).

Pemkab Rohil tegasnya, memberikan dukungan untuk penanggulangan karhutla, seperti melibatkan personel dari dinas terkait, mengoptimalkan peran dari masyarakat peduli api, termasuk memberikan dukungan peralatan pemadaman, motor, dan sebagainya.

"Dukungan untuk penanggulangan karhutla terus diberikan. Baru-baru ini ada bantuan motor bagi desa rawan karhutla dan nantinya seluruh akan dibagikan motor dari 182 kepenghuluan yang ada," katanya.

Dengan bantuan itu maka diharapkan dapat mempermudah pemantauan di lapangan terkait karhutla dan kegiatan berkaitan kamtibmas.

Menurutnya, untuk penanganan karhutla sudah menjadi kewajiban bagi semua pihak, tanpa terkecuali. Bahkan sampai di tingkat kepenghuluan, bisa mengambil kebijakan yang diperlukan.

"Kepenghuluan bisa memanfaatkan ADD untuk penanganan karhutla di wilayah masing-masing. Artinya penanganan karhutla sudah menyeluruh mulai dari pusat, instansi terkait dan hingga kepenghuluan," kata Bupati lagi.

Dirinya mengajak semua pihak untuk dapat memberikan perhatian yang sama terhadap persoalan tersebut.  Meskipun hanya memberikan informasi terkait kejadian karhutla.(adv)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com