ROKAN HILIR

Penanaman Pipa Pertagas Berlanjut

Rokan Hilir | Jumat, 22 Oktober 2021 - 11:44 WIB

Penanaman Pipa Pertagas Berlanjut
Karyawan Pertagas foto bersama di sela-sela bertugas, beberapa waktu lalu. (DOK RIAUPOS.CO)

BANGKO (RIAUPOS.CO) Penanamam Pipa di wilayah tepi jalan lintas Di Kepenghuluan Bangko Permata dan Bangko Jaya, Bangko Pusako menyayangkan kegiatan penanaman tersebut terus berlanjut. Meskipun sempat terjadi pro dan kontra, akhirnya dicarikan solusi terbaik untuk rencana pengembangan infrastruktur penunjang eksplorasi migas tersebut. 

Sebelumnya, warga yang mendesak adanya ganti rugi lahan dari Pertamina Gas (Pertagas) terkait dengan kegiatan penanaman pipa di kawasan tersebut.

Yamaha Alfa Scorpii

“Pada saat pemasangan pipa itu ada dikawal oleh aparat dalam jumlah yang sangat besar, kami disini menyayangkan kegiatan penanaman pipa tersebut karena baru dilakukan pengantian tanaman dan bangunan, dimana untuk lahan masyarakat belum dilakukan ganti ruginya," kata Suardi, Kamis (21/10/2021).

 Seperti diketahui puluhan warga di wilayah tersebut mendesak adanya ganti rugi lahan atas kegiatan penanaman pipa, tak hanya ganti rugi tanaman atau bangunan saja. Menurut Suardi alasan bahwa lahan membentang 180 kilometer yang disebut sebagai aset negara sesuai dengan SK Gubri Tahun 1959 hanya mencakupi wilayah Pekanbaru, Duri dan Dumai tidak termasuk pada wilayah atau lahan yang sekarang dimiliki atau ditempati warga tersebut.

"Lahan tersebut adalah warisan, diperkuat dengan kepemilikan surat keterangan tanah," katanya. 

Terpisah Manager Communication, Relations & CSR Pertagas, Elok Riani A menyebutkan lahan yang digunakan pada proyek pipa minyak Rokan adalah lahan milik negera yang dikelola oleh PT CPI.


"Pertagas dengan CPI telah memiliki Perjanjian pemanfaatan lahan bersama. Lahan tersebut termasuk jalur proyek di wilayah Rohil.

Karena menggunakan tanah milik negara, perusahaan tidak dapat melakukan beli atau sewa terhadap tanah tersebut," katanya.

Tetapi sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang berada di jalur tersebut, lanjutnya, perusahaan memberikan sagu hati atas tanam tumbuh dan bangunan milik warga.(fad) 

Catatan: Berita ini sudah mengalami editing sesuai perkembangan terkini dan tambahan keterangan narasumber untuk keberimbangan.

 



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com