Penanganan Karhutla Kian Komprehensif

Rokan Hilir | Jumat, 24 Januari 2020 - 09:50 WIB

Penanganan Karhutla Kian Komprehensif
FOTO BERSAMA: Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Camat Bangko Rijalul Fikri SE dan Upika foto bersama usai focus group discussion (FGD) penanggulangan karhutla yang ditaja Polsek Bangko di Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Bangko, Kamis (23/1/2020). (Zulfadhli/Riau Pos)

ROKAN HILIR (RIAUPOS.CO) -- Polda Riau melakukan inovasi sebagai langkah pencegahan maupun deteksi cepat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan teknologi Dashboard Lancang Kuning. Hal ini disampaikan Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP M Mustofa SIK MSI, Kamis (23/1).


"Tentunya polisi bekerjasama dengan pemda agar penanganan karhutla ini komprehensif, sehingga bisa sama-sama diawasi," sebutnya.

Dimana pada perangkat lunak atau program komputer yang ada digunakan empat aplikasi yani Terra, NOAA, Lapan dan Aqua. Dengan adanya fasilitas itu maka diyakini pemetaan, pemantauan lokasi termasuk penanganan karhutla bisa semakin lebih baik daripada sebelumnya.

Ia juga menjelaskan bahwa teknologi ini bisa digunakan semua pihak dalam mengatasi karhutla yakni dengan mengetahui kondisi di lapangan melalui satelit dengan titik koordinat.

Terpisah, musim kemarau sudah diambang pintu. Salah satu masalah yang berpotensi rawan terjadi berupa karhutla. Menyikapi hal itu, Polsek Bangko menggiatkan focus group discussion (FGD) penanggulangan karhutla dan gangguan lainnya di Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar.

Kepenghuluan LTB merupakan yang tergolong kerap terjadi karhutla pada tahun lalu. Maka lewat FGD diharapkan tumbuh pemahaman yang lebih baik dari masyarakat agar tidak lagi melakukan pembukaan atau pembersihan lahan dengan cara dibakar.(fad)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com