ROKAN HILIR

Kendati Pandemi, Pembangunan Fasilitas Kesehatan Tetap Optimal

Rokan Hilir | Senin, 25 Oktober 2021 - 12:20 WIB

Kendati Pandemi, Pembangunan Fasilitas Kesehatan Tetap Optimal
Cici Sulastri (ISTIMEWA)

ROHIL (RIAUPOS.CO) - Pelayanan dalam bidang kesehatan tetap menjadi perhatian penting dari pemerintah daerah Rokan Hilir (Rohil), di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi tak mengurangi kualitas pelayanan yang ada.

Begitu juga untuk pembangunan terkait dengan fasilitas kesehatan yang diperlukan, semua itu agar manfaat kesehatan yang diakses oleh masyarakat dapat dirasakan tetap maksimal tanpa terhalang oleh keterbatasan karena kondisi yang terjadi pada saat ini. "Alhamdulillah, kita tetap bersyukur walaupun keadaan pandemi ini namun untuk pembangunan berbagai yang diperlukan," kata Plt Kadiskes Rohil dr Cici Sulastri, Ahad (24/10).


Dikatakan Cici pada tahun ini terdapat sejumlah pembangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat, yakni pembangunan Puskesmas di Kubu Babussalam, di Bagan Batu, Rumah Dinas di Balai Jaya dan Rantau Kopar, Penambahan ruangan Puskesmas Rantau Kopar serta penyediaan sarana prasarana gudang farmasi Rohil.

Dirinya berharap agar proses pembangunan dapat berharap dengan lancar dan selesai pada waktunya pada pengunaan anggaran tahun 2021.

Keberadaan infrastruktur dan fasilitas yang baik terangnya menjadi bagian penting untuk maksimalnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tanpa didukung fasilitas yang baik maka akses terhadap layanan kesehatan kurang maksimal diperoleh.

Selain pembangunan tersebut, pihak Dinkes Rohil juga tengah berupaya mengaktifkan keberadaan Puskesmas Sedinginan. Diketahui puskesmas tersebut telah rampung dikerjakan pada tahun 2020 lalu, namun sampai saat ini belum dioperasionalisasikan. Pasalnya pada saat itu masih tinggi angka kasus positif Covid-19 sehingga tidak bisa diresmikan, selain itu keberadaan fasilitas yang diperlukan untuk penunjang layana kesehatan belum tersedia lengkap. 

"Sebelumnya sempat dimanfaatkan sebagai ruangan untuk pelayanan penanganan Covid-19," kata Cici. 

Seiring dengan perkembangan yang ada dimana angka kasus positif covid19 di Rohil yang terus mengalami penurunan bahkan tercatat nihil, maka tak menutup kemungkinan keberadaan puskesmas tersebut akan diresmikan dan fasilitasnya akan dilengkapi. "Kami berharap tak ada kendala untuk alat kesehatan, sejauh ini sudah ada tempat tidur, tiang infus, kursi roda, ac dan lain-lain tapi alat kesehatan memang masih terbatas, kami harap segera dipenuhi dan kami juga terbuka jika ada pihak yang memberikan sumbangsih untuk Puskesmas Sedinginan agar dalam waktu dekat dapat segera difungsikan," katanya.(fad)

Bank BJB




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  8-betul.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-06 12:02:55
Alfansuri, ST, M.Sc (Dosen Politeknik Negeri Bengkalis) Pekanbaru Layak Miliki Politeknik Negeri 06 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com