PUTUS MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19

Ratusan Karyawan PTPN V Sungai Rokan di Swab Massal

Rokan Hulu | Kamis, 03 September 2020 - 13:49 WIB

Ratusan Karyawan PTPN V Sungai Rokan di Swab Massal
Tim Analis Diskes Rohul terlihat sedang pengambil sampel swab secara massal terhadap ratusan karyawan beserta keluarga PTPN V Sungai Rokan Kebun Pagaran Tapah Darussalam, Kamis (3/9). (ENGKI PRIMA PUTRA/RIAUPOS.CO)

PASIRPENGARAIAN (RIAUPOS.CO) -- Tim Survelans dan Analis Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bersama Puskesmas Pagaran Tapah Darussalam, Kamis (3/9) pagi, melakukan pemeriksaan swab massal terhadap 320 karyawan PTPN V Sungai Rokan Kebun Pagaran Tapah Darussalam, termasuk di dalamnya istri atau suami dan anak dari karyawan.

Pemeriksaan swab lanjutan terhadap ratusan karyawan perusahaan BUMN di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam itu, tujuannya untuk memastikan penyebaran penularan wabah Covid-19. Sebelumnya terdapat 15 kasus terkonfirmasi positif Covid- 19 di PTPN V Sungai Rokan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu Dr Bambang Triono kepada Riaupos.co, Kamis (3/9) menyebutkan pemeriksaan swab massal lanjutan yang dilakukan Tim Survelans dan Analis Dinas Kesehatan Rohul bersama Puskesmas Pagaran Tapah Darussalam, bekerja sama dengan Klinik PTPN V Sungai Rokan. Ini untuk memastikan penularan penyebaran wabah Covid- 19.


Mengingat saat ini, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid- 19 di PTPN V Sungai Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam sebanyak 15 orang, satu di antaranya pasien dengan inisial B (58) meninggal dunia 28 Agustus lalu.

"Pada intinya, pemeriksaan swab massal lanjutan terhadap karyawan beserta keluarga di PTPN V Sei Rokan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid- 19. Kita harapkan perusahaan benar-benar menerapkan protokol kesehatan Covid- 19," jelasnya.

Apakah dengan adanya belasan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di PTPN V Sungai Rokan merupakan klaster baru di Rohul, Bambang mengatakan ya.

"Dengan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, sudah menjadi transmisi lokal. "Itu sudah menjadi klaster baru, karena dengan ditemukan satu kasus positif awalnya di PTPN V Sei Rokan Pagaran, saat ini sudah terjadi penyebaran sebanyak 15 kasus di perusahaan BUMN yang beroperasi di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam itu," katanya.

Bambang belum bisa memastikan, pemeriksaan swab massal lanjutan yang dilaksanakan oleh  Tim Diskes Rohul bekerja sama dengan Klinik PTPN V terhadap 320 karyawan beserta keluarga tuntas hari ini.

"Sampai siang ini saya belum dapat laporan dari Tim Diskes Rohul yang turun ke lapangan. Jika pemeriksaan swab hari ini tidak tuntas, maka akan dilanjutkan pemeriksaan swab besok, (Jumat, red).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Rohul, 15 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, berawal dari salah seorang keluarga yang sakit berinisial B (58), menumpang  tinggal bersama salah seorang karyawan yang bertempat tinggal di perumahan PTPN V Sungai Rokan di Kecamatan Pagaran Tapah Darusssalam yakni berinisial S (41).
    
Dari hasil rapid tes inisial B (58) yang dikabarkan sakit ginjal tanpa ada riwayat perjalanan hasilnya reaktif, kemudian dilakukan rapid tes terhadap S (41) hasilnya reaktif serta keduanya diambil pemeriksaan swab, hasilnya keduanya terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu (26/8).
    
Setelah itu, dilakukan tracing kontak dan rapid test terhadap karyawan PTPN V Sei Rokan hasilnya reaktif dan diambil pemeriksaan swab, akhirnya Sabtu (29/8) lalu, diketahui 2 (dua) karyawan PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam terkonfirmasi positif Covid 19 dengan inisial AR (30) dan RFW (25).
    
Setelah itu, dari rapid tes mandiri terhadap 204 karyawan dan keluarga, hasilnya 11 orang reaktif dan diambil pemeriksaan swab, dengan hasil 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (31/8) lalu.
 
Dengan inisial CDP (35), SCN (29), HPS (42), LG (40), PMS (5), PMS (5) (anak kembar), PMS (9), PMS (8). Sedangkan 3 orang lagi hasil swabnya keluar Selasa (1/9), dinyatakan terkonfirmasi positif Covid- 19 yakni dengan inisial MR (25), AST (39) dan RI (47).

Saat ini, 14 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam yang kini dirawat dan isolasi di rumah sakit Pekanbaru 6 orang dan 8 orang di RS Tandun Rohul.

Total kasus pasien Covid- 19 di Kabupaten Rohul hingga Rabu (2/9) malam, sebanyak 43 kasus,  yang dirawat 24 orang dan 18 telah selbuh, 1 orang meninggal dunia.

Laporan: Engki Prima Putra (Pasirpengaraian)
Editor: Rinaldi

 








youtube riaupos

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com