PILKADA 2020

KPU Nyatakan Berkas Bapaslon Sukiman-Indra Gunawan Lengkap dan Sah

Rokan Hulu | Sabtu, 05 September 2020 - 00:04 WIB

KPU Nyatakan Berkas Bapaslon Sukiman-Indra Gunawan Lengkap dan Sah
Ketua KPU Rohul Elfendri ST MEng menyerahkan berita acara tanda telah diterimanya pendaftaran kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul H Sukiman-H Indra Gunawan, usai didaftarkan oleh parpol pengusung di Kantor KPU Rohul, Jumat (4/9/2020) petang. (ENGKI PRIMA PUTRA/RIAUPOS.CO)

PASIRPENGARAIAN (RIAUPOS.CO)- Hari pertama dibukanya pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Rohul tahun 2020, Jumat (4/9/2020), hanya satu Bapaslon H Sukiman-H Indra Gunawan (Skawan) yang secara resmi telah mendaftar ke KPU Rohul.

Bapaslon Skawan yang turut hadir saat didaftarkan ke KPU Rohul oleh Ketua dan Sekretaris Partai Politik (Parpol) Pengusung dan Pendukung yang tergabung didalam Koalisi Rokan Hulu Maju yakni Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Partai Demokrat, PKS, Hanura, Nasdem dan dua parpol non-parlemen yakni Partai Gelora Indonesia dan PBB berjalan lancar.


Ketua KPU Rohul Elfendri ST MEng kepada wartawan, Jumat (4/9) petang menyebutkan, proses pendaftaran Bapaslon ke KPU Rohul, di hari pertama dibukanya pendaftaran, yakni atas nama Bapaslon  Sukiman-Indra Gunawan. 

Diakuinya, proses pendaftaran Bapaslon H Sukiman-H Indra Gunawan berlangsung lancar dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dia merincikan, terhadap kehadiran dari Bapaslon  Sukiman-Indra gunawan telah didaftarkan oleh gabungan parpol tingkat Kabupaten Rohul yang dihadiri ketua dan sekretaris parpol pengusung.

‘’Secara kehadiran, gabungan pengurus parpol pengusung Bapaslon  Sukiman–Indra Gunawan telah terpenuhi. Dihadiri kedua Bapaslon yang  telah melakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif,’’ tuturnya.

Disinggung terhadap berkas kelengkapan dokumen persyaratan Bapaslon  Sukiman-Indra Gunawan yang telah diserahkan gabungan parpol pengusung, Elfendri mengatakan, ada dua jenis  berkas pencalonan yang diserahkan. 

‘’Setelah diverikasi berkas dokumen persyaratan Parpol Pengusung Koalisasi Rokan Hulu Maju telah dinyatakan  lengkap dan sah. Termasuk berkas Bapaslon Sukiman-Indra Gunawan lengkap. Jadi berdasarkan tata urutan verifikasi tersebut, KPU menyatakan bahwah pendaftaran Bapaslon H Sukiman diterima dan cukup, selanjutnya Bapaslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan tanggal 6-7 di RS Arifin Achmad Pekanbaru,’’ terangnya.

Dia mengakui, dalam proses pendaftaran Bapaslon Sukiman-Indra Gunawan memakan waktu lebih kurang 2 (dua)  jam, hal itu dikarenakan Bapaslon ini, didukung oleh banyak parpol pengusung. Sehingga dalam pemeriksaan kelengkapan berkas dokumen persyaratan juga banyak.
 
‘’Termasuk pemeriksaan dokumen persyaratan dari Bapaslon yang dicek. Sehingga pemeriksaan lebih lama, seharusnya ditargetkan dalam pemeriksaan kelengkapan berkas Bapaslon memakan waktu  satu jam ternyata dua jam,’’ katanya.

Dia menambahkan, hari pertama, Bapaslon  Sukiman-Indra Gunawan mendatar ke KPU Rohul, esoknya Sabtu (5/9), pukul 10.00 WIB, direncanakan Bapaslon Hafit Syukri-Erizal mendaftar ke KPU Rohul. 

‘’Sesuai surat masuk ke KPU Rohul, besok, Sabtu pagi Bapaslon Hafith Syukri-Erizal mendaftar ke KPU Rohul,’’ tuturnya

Dia menghimbau bagi Bapaslon yang akan mendaftar ke KPU Rohul, terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Help Desk yang telah dibentuk KPU. Sehingga disaat proses pendaftaran, bapaslon, dalam penerimaan dan verifikasi berkas bisa berlangsung lebih cepat. Hal itu bisa dikerjakan, apabila dokumen persyaratan bapaslon dan partai pengusung telah tersusun dengan baik, sebagaimana yang telah diberitahukan sebelumnya. 

Laporan: Engki Prima Putra (Pasirpengaraian)
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Ampunan Allah

Ilyas Husti (Ketua MUI Riau)

Ampunan Allah

Rabu, 14 April 2021

EPAPER RIAU POS  14-aprill.jpg

telatah ramadan

Angos

Rabu, 14 April 2021
Angos




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com