Rp801 Juta Anggaran Pengamanan Pilkades Serentak Rohul Telah Dicairkan

Rokan Hulu | Rabu, 07 Desember 2022 - 19:57 WIB

Rp801 Juta Anggaran Pengamanan Pilkades Serentak Rohul Telah Dicairkan
Kasatpol PP dan Damkar Rohul Ridarmanto SIP (ISTIMEWA)

BAGIKAN



BACA JUGA


PASIRPENGARAIAN (RIAUPOS.CO) - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 69 desa dalam 15 kecamatan di Rokan Hulu (Rohul) dijadwalkan 8 Desember ini. Seluruh pembiayaan pelaksanaan kegiatan ini dibebankan melalui dana APBD Perubahan Rohul Tahun 2022 dengan total sekitar Rp7,2 miliar. Ini termasuk untuk biaya pengamanan.

Untuk biaya pelaksanaan tahapan pilkades serentak yang dialokasikan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Rohul, Senin (5/12) kemarin telah dicairkan oleh BPKAD Rohul untuk 66 desa melalui rekening desa masing-masing.

Yamaha Alfa Scorpii

Sementara 3 (tiga) desa yang ditunda pelaksanaan pilkades serentak yakni Desa Sialang Jaya, Desa Kepenuhan Hilir, Desa Kasang Mungkal dananya belum dicairkan.  Kemudian biaya untuk pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Rohul yang dialokasi di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rohul sebesar Rp801.520.000.      

Kepala Satpol PP dan Damkar Rohul Ridarmanto SIP melalui Kabid Operasi dan Pengamanan Makmur Pasaribu saat dikinfirmasi Riaupos.co, Rabu (7/12), membenarkan untuk biaya pengamanan pilkades serentak telah dialokasikan melalui Satpol PP.

Menurutnya biaya pengamanan pilkades serentak dalam bentuk hibah uang dari Pemkab Rohul.  Makmur yang juga Kuasa Pengguna Anggaran Kegiatan Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Rohul Tahun 2022 mengaku, dana pengamanan pilkades serentak senilai Rp801.520.000 telah dicairkan ke rekening penerima hibah uang pengamanan pilkades serentak.

‘’Untuk biaya pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Rohul Tahun 2022 dialokasikan pada Satpol PP sebesar Rp801.520.000. Dana tersebut dalam bentuk hibah uang oleh Pemkab Rohul yang telah dicairkan dananya ke rekening penerima hibah,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, dari total Rp801.520.000 itu rinciannya Rp500 juta diperuntukkan untuk kepolisian dengan makanisme hibah uang dan telah ditransfer ke rekening bendahara Polres Rokan Hulu. Kemudian sebesar Rp200 juta diperuntukkan untuk TNI  dengan makanisme hibah uang dan telah ditransfer ke rekening bendahara Korem 031 Wira Bima Riau Sementara sebesar Rp101.520.000 diperuntukkan untuk personel  Satpol PP dengan makanisme biaya perjalanan dinas  dan telah direalisasikan ke personel Satpol PP Rohul.

Makmur menambahkan, dana hibah uang pengamanan pilkades serentak Kabupaten Rohul yang telah ditransfer ke rekening penerima hibah, nantinya usai pelaksanaan kegiatan yang tertuang didalam NPHD pengaman pilkades serentak 2022, penerima hibah akan menyerahkan bukti pertanggungjawaban penggunaan dana untuk diserahkan kepada Pemkab Rohul melalui Satpol PP.

 

Laporan: Engki Prima Putra

Editor: Edwar Yaman









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riaupos-bappeda-bengkalis
dispora rohul -  riau pos



riaupos-kpu meranti

pn bengkalis -  riau pos




Beacukai

Badminton BRI - Riau Pos

riaupos-golkar

riaupos stain bengkalis


EPAPER RIAU POS  30-Januari.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com