Diskes  Rohul





Pembangunan Makodim Rohul Tuntas pada 2023

Rokan Hulu | Jumat, 09 September 2022 - 12:23 WIB

PASIRPENGARAIAN (RIAUPOS.CO) - Untuk percepatan pembangunan fisik Markas Komando Distrik Militer (Kodim) baru di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, pemerintah daerah mengusulkan anggaran pada tahun 2023 sekitar Rp6,6 miliar untuk kelanjutan pembangunan lantai II (dua) yang lokasinya berada di Km 7 Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah.

Bahkan pada APBD Perubahan Tahun 2022,  Pemkab Rohul telah menganggarkan dana sekitar Rp200 juta untuk kegiatan pengamanan aset. Yakni dengan pekerjaan pembangunan run off air, agar air tidak tergenang dan merusak struktur bangunan yang telah ada. Juga melakukan pemasangan jendela. Gedung  yang pernah dijadikan Kantor Dinas Perhubungan Rohul memiliki luas lahan 5,4 hektare.


Bupati Rohul H Sukiman saat dikonfirmasi Riau Pos, Kamis (8/9) membenarkan, akan melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Makodim baru. Targetnya pada akhir 2023 Makodim Rohul dapat difungsikan. Menurutnya, luas bangunan gedung Makodim lantai II itu sekitar 7.200 meter persegi, terdiri 3 blok bangunan.

Mantan Dandim Indragiri Hilir itu mengaku, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pemkab Rohul atas keinginan masyarakat untuk mendirikan Makodim baru. "Salah satu pertimbangan Pemkab Rohul mendorong terbentuknya Makodim di wilayah kita, tidak lain untuk menjamin keamanan di wilayah Kabupaten Rohul. Karena secara Geografis Rohul merupakan daerah perbatasan antara Sumatera Utara dan Sumatera Barat  dan jalur lintasan yang rentan terjadinya gangguan keamanan," ujarnya.

Sukiman menjelaskan, dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rohul, fungsi keamanan sangat diperlukan. Keamanan ini dibantu oleh TNI-Polri dan Satpol PP sendiri.

"Kita sudah punya Polres, tapi Kodim nya belum punya. Oleh karena itu, kita sudah sepakat untuk membangun Kodim di Rohul. Tanah sudah kita siapkan seluas 5,4 miliar. Untuk anggaran lanjutan pembangunan fisik dialokasikan pada RAPBD Rohul Tahun 2023 sekitar Rp6,6 miliar. Mudah-mudahan akhir tahun 2023 mendatang, pembangunan Kodim baru di Rohul tuntas dan dapat difungsikan," tutupnya.(epp)


Dia menambahkan, Pemkab Rohul akan berkoordinasi dengan Pusat Zeni Angkatan Darat (Pusziad), sehingga pembangunan Makodim baru yang direncanakan ini disesuaikan dengan tipologi Kodim yang ada.

Sesuai informasi dan data yang dirangkum Riau Pos, pembangunan lantai II Makodim yang ditargetkan tuntas akhir tahun 2023, sebelumnya gedung bangunan lantai II yang mulai dibangun Pemkab Rohul tahun 2012, 2013 dan 2015 itu, diperuntukan untuk gedung Mapolres Rohul baru.

Dikarenakan Polres mendapatkan DIPA APBN untuk pembangunan Mapolres Rohul Baru di Jalan Lingkar Km 4 Desa Suka Maju Kecamatan Rambah.

Sehingga bangunan tersebut tidak dilanjutkan oleh Pemkab Rohul pada tahun 2016 lalu disaat H Sukiman menjabat sebagai Bupati Rohul. Terakhir bangunan gedung lantai II yang sebelum ditempati dan dijadikan Kantor Dinas Perhubungan Rohul telah dikosongkan enam bulan yang lalu, sehubungan dengan adanya alih fungsi penggunaan bangunan untuk Makodim baru di Rohul.(epp)







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  5-okt.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com