Dorong Petani Tingkatkan Hasil Produksi Pangan di Rokan Hulu

Rokan Hulu | Jumat, 21 Februari 2020 - 09:58 WIB

Dorong Petani Tingkatkan Hasil Produksi Pangan di Rokan Hulu
Asisten II Setda Rohul Ir H M Ruslan MSi (kemeja putih) bersama Camat Kepenuhan Hulu Agus Salim melaksanakan panen padi milik petani di lahan milik pemerintah Desa Kepayang, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rabu (19/2/2020). (HUMAS PEMKAB FOR RIAUPOS.CO)

ROKAN HULU (RIAUPOS.CO) -- Di sela membuka turnamen terbuka mini soccer Karang Taruna Cup I, Rabu (19/2), Asisten II Setda Rohul Ir H M Ruslan MSi mewakili Bupati Rohul H Sukiman melaksanakan panen padi milik masyarakat Desa Kepayang yang lokasinya berdampingan dengan lapangan sepak bola Desa Kapayang.


Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura komit mendukung dan menyukseskan program pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan secara nasional dalam upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale) di 16 kecamatan se Rohul.

Setiap tahunnya, lanjutnya, para petani yang mengembangkan tanaman Pajale mendapat perhatian pemerintah daerah, berupa bantuan bibit, alat mesin pertanian (Alsintan), pupuk, itu semua dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani di Rohul.

"Kita mendorong para petani untuk terus meningkatkan produksi padi. Untuk padi gogo panen sekali setahun, sedangkan padi sawah diharapkan bisa tiga  kali panen dalam setahun. Kita harapkan petani mempertahankan lahan persawahan yang ada, tidak melakukan alih fungsi lahan dari pertanian ke lahan keras atau perkebunan," ungkap Asisten II Setda Rohul Ir H M Ruslan MSi kepada wartawan, Rabu (19/2), usai melaksanakan panen padi di lahan milik Pemerintah Desa Kepayang.

Diakuinya, komitmen pemerintah dalam memperhatikan kesejahteraan para petani dengan melaksanakan berbagai program, terobosan dan langkah-langkah yang kongkrit, dengan memberikan bantuan benih Pajale, pupuk, Alsintan, perbaikan jaringan irigasi, peningkatan jalan usaha tani dan lainnya.

Mantan Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Rohul itu, mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mensukseskan program upaya khusus Pajale, dengan kembali bersemangat untuk menanam Pajale dan tanaman holtikulura, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah.(adv)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri


EPAPER RIAU POS  2020-05-21.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com