PSU DI 25 TPS PILKADA ROHUL

Sukawan Klaim Unggul, Tetap Tunggu Pleno KPU

Rokan Hulu | Kamis, 22 April 2021 - 09:18 WIB

Sukawan Klaim Unggul, Tetap Tunggu Pleno KPU
Warga menunjukkan KTP saat pemungutan suara ulang pada TPS 32 di perkebunan PT Torganda Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (21/4/2021). (KPU RI FOR RIAUPOS.CO)

ROKANHULU (RIAUPOS.CO) --  PEMUNGUTAN suara ulang (PSU) Pilkada Rokan Hulu (Rohul) sukses digelar di 25 TPS, Rabu (21/4). Rekapitulasi penghitungan baru tuntas dilakukan di 25 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berada di PT Torganda Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara, petang kemarin

Namun untuk perolehan sementara peraih suara terbanyak dari masing-masing pasangan calon (paslon) Bupati dan Wabup Rohul tahun 2020 belum dapat diketahui secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul.


Untuk mengetahui hasil perolehan PSU terhadap tiga paslon, tetap menunggu rapat pleno pelaksanaan rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat KPU Rohul. Ini mengingat, KPU Rohul tidak melaksanakan penghitungan cepat (quick count), kecuali paslon melaksanakan penghitungan suara dengan sistim real qount yang bersifat internal.

Dari penghitungan perolehan suara sementara PSU di 25 TPS versi paslon nomor urut 2 H Sukiman-Indra Gunawan (Sukawan), mereka mengklaim unggul di 25 TPS. Klaim itu disampaikan Ketua Koalisi Rokan Hulu Maju Kelmi Amri SH, pemenangan paslon Sukawan dalam konferensi pers petang di Hutan Kota Pasirpengaraian. Berdasarkan hitungan cepat internal tersebut Sukawan unggul dengan meraih 2.070 suara. Disusul paslon nomor 3 H Hafith Syukri-H Erizal yang meraih 476 suara, sedangkan paslon nomor urut 1 H Hamulian-M Sahril Topan dengan 16 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 30 suara, dengan jumlah partisipasi pemilih di 25 TPS sesuai DPT sebanyak 3.706 pemilih sekitar 69,19 persen.

"Kami mengumumkan dari real count yang bersumber dari data saksi paslon Sukawan di 25 TPS di areal PT Torganda Desa Tambusai Utara, alhamdulilah masyarakat Rohul masih mengamanahkan kepemimpinan Bupati dan Wabup Rohul periode 2021-2024 H Sukiman dan H Indra Gunawan dengan keunggulan telak,"ujar Kelmi didampingi paslon Sukawan dan partai koalisinya.

Dari perolehan suara PSU di 25 TPS tersebut, lanjut Kelmi, jika diakumulasi dengan perolehan pascaputusan MK, selisih kemenangan paslon Sukawan dengan Hafith-Erizal sebanyak 1.239 suara.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan oleh pengurus Koalisi Rokan Hulu Maju, simpatisan dan masyarakat Rohul. Terkhusus penyelenggara pemilu, Polri, TNI yang mensukseskan pelaksanaan PSU di 25 TPS Desa Tambusai Utara,"katanya.

Kelmi meminta masyarakat Rohul tetap bersabar, apapun hasil keputusan ini dan mengimbau masyarakat dan seluruh simpatisan paslon Sukawan agar menahan diri, tidak membuat statemen yang provokatif di media sosial. Apalagi di bulan Ramadan, lebih lagus saling merangkul satu sama lainnya.

"Kami menunggu rapat pleno tingkat kecamatan dan kabupaten serta penetapan Bupati dan Wabup Rohul terpilih setelah itu menunggu usulan pemprov ke Kemendagri untuk melantik Bupati dan Wabup Rohul terpilih 2021-2024,"jelasnya.

Kelmi juga mengutarakan setelah dilakukannya PSU di Torganda, sesuai dengan hasil yang diraih menjawab opini pemilih fiktif selama ini menjadi konsumsi publik. 

Sementara Sukiman dan Indra Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Tim Koalisasi Rokan Hulu Maju dan simpatisan yang telah bekerja keras untuk memenangkan paslon nomor urut 2 dalam pelaksanaan PSU Pilkada Rohul ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Polri, TNI dan penyelenggara serta stake holder lain yang telah bekerja keras dalam pelaksanan PSU di 25 TPS Kecamatan Tambusai Utara. Saya berharap kepada seluruh masyarakat tingkatkan persatuan. Apalagi di bulan Ramadan, tak perlu lagi ada hal hal yang kurang enak antara paslon satu dengan paslon yang lain,"tambahnya. 

Sementara itu Hafith Syukri saat dikonfirmasi terkait perolehan suara sementara pelaksanaan PSU di 25 TPS di areal PT Torganda Desa Tambusai Utara telepon genggamnya tidak aktif. Namun Paslon Bupati dan Wabup Rohul yang diusung PAN dan PKB itu, telah mengetahui hasil perolehan suara yang diraih Paslon Gasspool. Itu terbukti, melalui akun media sosial (mesos) Facebook Hafith Syukri sekitar pukul 18.00 WIB kemarin. 

Ini postingan di akun tersebut. “Dengan mengucapkan Assalamualaikum Warohmataullahi wabarakaatuh, sahabat dan pendukung Gaspool semua, Alhamdulillah, semua usaha sudah kita jalani dan perjuangkan bersama sampai kepada keputusan MK untuk PSU hari ini. Hasilnya sudah sama-sama kita ketahui. Kami berdua Hafith Syukri-Erizal mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan doa sahabat dan pendukung Gasspool semua. Hasil yang kita dapatkan adalah atas usaha dan kebersamaan kita yang berjuang dengan ikhlas untuk Rokan Hulu yang sama-sama kita cintai.

Hanya Allah yang dapat membalas segala perjuangan dan pengorbanan saudaraku semua masayarakat Rokan Hulu yang telah menyumbangkan tenaga, harta  dan suaranya kepada kami Hafith-Erizal. Dia menyebutkan, ini bukan akhir dari perjuangan untuk Negeri Seribu Suluk. Kita akan tetap berjuang pada posisi kita masing-masing dimasa yang akan datang. Tetap semangat dan kita jalin silaturahmi dalam kebersamaan dan kekompakan keluarga besar Gaspool #Semuaadahikmahnya."

Dalam pada itu Ketua KPU Rohul Elfendri ST MEng saat dikonfirmasi Riau Pos menyebutkan, KPU Rohul tidak melaksanakan penghitungan suara quick count. Dalam artian, tetap mengacu tahapan PSU pada Pilkada Rohul. 

"Setelah rekapitulasi penghitungan suara di TPS akan dilanjutkan tahapan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten melalui rapat pleno KPU Rohul. Sejauh ini seluruh logistik PSU sudah bergeser dari TPS ke Kantor Camat Tambusai Utara,"tuturnya.

Disinggung adanya seribuan pemilih yang tidak mencoblos pada PSU di 25 TPS, Elfendri sejauh ini belum mendapatkan datanya. Karena masih dalam tahap rekapitulasi penghitungan tingkat TPS. Karena hal itu akan diketahui dari partisipasi pemilih, surat suara sah dan tidak sah dari setip rekapitulasi perhitungan suara secara berjenjang.

"Untuk logistik surat suara  cukup di 25 TPS. Saya imbau masyarakat Rohul tetap menunggu hasil resmi, dari pleno tingkat kecamatan dan kabupaten. Mari sama-sama kita tunggu pleno dan kawal. Dengan tetap menjaga kondusivitas dunia nyata dan dunia maya. Supaya tidak terganggu kekhusukan ibadah Ramadan kita,"tambahnya.

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com