Hari Ini, PPK Tambusai Utara Pleno Penghitungan Suara

Rokan Hulu | Jumat, 23 April 2021 - 10:07 WIB

Hari Ini, PPK Tambusai Utara Pleno Penghitungan Suara
Anggota Panwascam Tambusai Utara bersama petugas keamanan dari Polri mengawal pergeseran logistik PSU untuk diamankan di Kantor Camat Tambusai Utara, Rabu (21/4/2021). (ENGKI PRIMA PUTRA/RIAU POS)

TAMBUSAI UTARA (RIAUPOS.CO) -- Pemungutan suara ulang (PSU) di 25 TPS yang berada di areal Perkebunan PT Torganda Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara sudah digelar, Rabu (21/4) lalu. Sesuai tahapan selanjutnya, jajaran KPU akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang di tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh PPK Tambusai Utara denganjadwal 22-26 April mendatang.

Ketua PPK Tambusai Utara Sulaiman saat dikonfirmasi menyebutkan, pihaknya telah siap untuk melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang di tingkat Kecamatan Tambusai Utara yang dijadwalkan hari ini (23/4) pukul 08.00 WIB di aula Kantor Camat Tambusai Utara.


"Hari ini (kemarin, red) kami telah sampaikan surat undangan kepada masing-masing saksi paslon nomor Urut 1, paslon nomor urut 2 dan paslon nomor urut 3    untuk menghadiri rapat pleno rekapitulasi penghitungn suara ulang tingkat Kecamatan Tambusai Utara yang dilaksanak Jumat (23/4) pagi,"ujarnya.

Selain saksi ketiga paslon, lanjutnya, PPK Tambusai mengundang Camat, Upika Tambusai Utara dalam pembukaan rapat pleno terbuka penghitungan suara ulang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Diakuinya, untuk pengamanan dalam pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang tingkat Kecamatan Tambusai Utara akan mendapat pengawalan dari aparat kepolisian dan TNI.

Sulaiman mengaku, belum bisa memastikan kapan tuntasnya pelaksanaan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang tingkat Kecamatan Tambusai Utara tersebut. Karena hal itu, tergantung nantinya dari pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang tingkat kecamatan.

"Kita berdoa, semoga pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang di tingkat Kecamatan Tambusai Utara, Jumat (23/4) berjalan lancar, tertib, aman dan sukses. Tanpa ada kendala yang berarti,"jelasnya.

Sulaiman menambahkan, usai rapat pleno, pihaknya akan menyerahkan seluruh logistik PSU dan penyampaian rekapitulasi  hasil penghitungan suara ulang di tingkat Kecamatan Tambusai Utara  kepada KPU Rohul diwaktu hari tersebut. Sementara itu, berdasarkan informasi dan data yang dirangkum Riau Pos di lapangan, hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara ulang pada pelaksanaan PSU di 25 TPS di PT Torganda Desa Tambusai Utara, Rabu (21/4) lalu untuk sementara, paslon nomor Urut 2 H Sukiman-H Indra Gunawan (Sukawan) unggul dengan meraih suara terbanyak di seluruh TPS yang ada di PT Torganda, dengan perolehan 2.073 suara. Disusul Paslon Nomor 3 H Hafith Syukri-H Erizal meraih perolehan 476 suara, sedangkan paslon nomor urut 1 H Hamulian-M Sahril Topan dengan perolehan 15 suara, sedang suara tidak sah sebanyak 30 suara, dengan jumlah partisipasi pemilih di 25 TPS sesuai DPT sebanyak 3.706 pemilih, sekitar 69,19 persen.

Pleno Pilkada Inhu

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil PSU di tingkat Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kamis (22/4). Namun begitu, ada tiga saksi yang tidak hadir dalam pleno. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto usai pelaksanaan rekapitulasi. 

"Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang ditingkat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu telah selesai di laksanakan. Untuk kejadian khusus saksi paslon nomor 1, 3 dan 5 tidak hadir sampai rapat rekapitulasi selesai dilaksanakan,"ujar Nugroho, Kamis (22/4). 

Sedangkan untuk keberatan saksi atau dari pihak Panwascam, dikatakan dia sama sekali tidak ada. Rapat pleno berjalan dengan lancar dan aman terakhir acara dilanjutkan dengan penyerahan BA D hasil kecamatan kepada panwascam, saksi nomor 2 dan nomor 4 dan ditutup oleh Ketua PPK sekitar pukul 13.20 WIB.(epp/nda)

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com