Bupati Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu

Rokan Hulu | Rabu, 30 Oktober 2019 - 13:27 WIB

Bupati Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu
Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi menyerahkan piagam penghargaan dari Kemenkeu RI atas prediket opini WTP atas penyusunan dan penyajian LKPD Rohul tahun 2018 kepada Bupati Rohul H Sukiman dalam acara pembukaan seminar APBN dan Kebijakan Dana Transfer 2020 oleh Kemenkeu RI Perwakilan Riau di Pekanbaru, Selasa (29/10/2019). (HUMAS PEMKAB ROHUL FOR RIAU POS)

ROHUL (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menerima piagam penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

Piagam penghargaan yang diterima Pemkab Rohul itu diserahkan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi kepada Bupati Rohul H Sukiman.

Di sela-sela itu, Pemkab Rohul menerima piagam penghargaan sebagai pemerintah daerah berkinerja terbaik II Tingkat Provinsi Riau dalam Pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun 2019 yang diterima Bupati Rohul H Sukiman dari Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau Bakhtaruddin SE MM.

Penyerahan dua piagam penghargaan tersebut, bertepatan dalam pelaksanaan acara Pembukaan seminar bertema, APBN dan Kebijakan dana transfer tahun 2020, oleh Kemenkeu RI Perwakilan Provini Riau sekaligus penyerahan piagam WTP kepada bupati dan walikota se-Provinsi Riau di Hotel Arya Duta Pekanbaru.


Terlihat Bupati Rohul H Sukiman didampingi Sekretaris Daerah Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Asisten I Setda Rohul Muhammad Zaki SSTP MSi, Asisten II Setda Rohul Ir H Ruslan MSi, Inspektur Rohul H Helfiskar SH MH, Kepala BPKAD Rohul Suharman, SP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Rohul Margono MM.

Kegiatan dengan tema "Tingkatkan Sinergi untuk Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Negara yang Kredibel" dengan pelaksana Kementerian Keuangan RI perwakilan Provinsi Riau.

Membahas beberapa pokok pembahasan tentang kebijakan penyaluran DBH triwulan IV yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kurang bayar sampai dengan tahun 2019 sambil memperhitungkan lebih bayar tahun sebelumnya untuk beberapa daerah.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota di Riau yang mendapatkan prediket opini WTP penyampaian LKPD tahun 2018 dan Piagam Penghargaan pengelolaan Dana Desa tahun 2019.

Tentunya penghargaan yang didapat itu, dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten/kota untuk meningkatkan piñata usahan keuangan daerah.

Dalam pada itu, Bupati Rohul H Sukiman didampingi Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi menyebutkan, pemerintah daerah mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia. Atas diterimanya penghargaan keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan capaian prediket Opini WTP.

Penghargaan yang diterima Pemkab Rohul dari Kementerian Keuangan RI itu, atas dasar keseriusan dan ketaatan dalam menyusun menyajikan laporan sesuai dengan standar akutansi pemerintah daerah yang mendapat penilaian opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI

"Dari penilain Opini WTP yang diberikan BPK RI, maka Kemenkeu memberikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada Pemkab Rohul atas keberhasilan menyusun dan menyajikan LKPD Rohul tahun 2018," ujar mantan Dandin Inhil itu.

Sukiman mengatakan, piagam penghargaan ini, atas komitmen pemerintah daerah dalam pengelolaan penatausahaan keuangan daerah. Di mana setiap laporan tahunan dilakukan audit BPK secara reguler setiap tahunnya.

Dimulai dari audit umum hingga audit rincian, ini bentuk dari pada penyajian laporan keuangan secara akuntabel. Mulai dari metode, kepastian keuangan, serta penayajian dalam bentuk laporan keuangan.

"Berdasarkan audit tersebut, BPK RI menilai laporan keuangan 2018 yang disajikan Pemkab Rohul memenuhi kriteria standar akuntasi pemerintah daerah. Oleh karena memenui standar, maka BPK memberikan penilaian dengan opini WTP," sebutnya.

Sukiman mengatakan, hasil yang diperoleh Pemkab Rohul ini, berkat kerjasama yang baik dan support DPRD dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul.(adv)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com