OBITUARI

Seniman Riau Taufik Effendi Aria Tutup Usia

Seni Budaya | Senin, 02 Maret 2020 - 18:04 WIB

Seniman Riau Taufik Effendi Aria Tutup Usia
Taufik Effendi Aria semasa hidup.

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kabar duka mengawali Maret ini datang dari dunia seni Bumi Lancang Kuning. Seniman Riau, Taufik Effendi Aria tutup usia, Senin (2/3/2020), di Pekanbaru pada usia 78 tahun.


Almarhum merupakan seorang teaterawan dan penyair yang lahir 2 Juni 1942. Ia wafat setelah sempat dirawat di rumah sakit PMC sejak dua minggu sebelumnya.

“Riau kehilangan seniman besar, kami amat sangat berduka,” kata budayawan Riau Kazzaini Ks.

Sejak muda, TEA (sapaan akrab Taufik Effendi Aria, red) aktif berkesenian. Main teater,  menyutradarai dan membaca puisi di mana-mana.  Karya puisi tunggalnya yang terkenal berjudul Menuju Ruang Kosong Menjemput Firman (UIR Press, 2008).

Buku ini berisi 51 puisi yang ditulis tahun 1960-an, 1970-an, 1990-an sampai 2000-an. Sebelum tahun 2008 tersebut, tahun 1975 TEA pernah menerbitkan buku puisi bersama Wunulde Syaffinal, seniman semasa dengannya. Tidak hanya Wunulde, ada lima nama besar seniman yang semasa dengan TEA waktu itu, yakni Ibrahim Sattah,  Idrus Tintin dan Ediruslan Pe Amanriza. Mereka semua sudah tiada dan TEA yang wafat hari ini adalah satu-satunya yang tersisa dari mereka.

Laporan: Kunni Masrohanti
Editor: Eko Faizin




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com