GELIAT SENI DAN SASTRA DI ROKAN HILIR

Yang Menggema Dari Tepian Palika

Seni Budaya | Minggu, 04 April 2021 - 10:45 WIB

Yang Menggema Dari Tepian Palika
Tamu undangan dan seluruh pengisi acara foto bersama usai pentas seni di Tepian Laut Palika, Kabupaten Rohil, pekan lalu. (KOLASE ROHIL FOR RIAU POS)

Seperti bangkit dari tidur, begitulah geliat seni dan sastra di Kabupaten Rokan Hilir saat ini. Tidak hanya mewabah di Kota Bagan Siapiapi, tapi juga sampai di tepi-tepi laut. Palika adalah salah satu tempat tumbuh suburnya geliat ini.

(RIAUPOS.CO) - SELASA, 24 Maret 2021, ada yang berbeda di tepian tebing pantai Kecamatan Pasir Limau Kapas alias Palika. Puluhan seniman Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berkumpul di sini. Mereka berteater, berpuisi, menulis dan masih banyak lainnya. Belakangan, seni dan sastra di kabupaten ini menggeliat pesat.


Lokasi acara baca pentas seni pertunjukan (teater dan puisi) di Palika ini mengarah ke laut dengan pemandangan rumah-rumah unik berkaki jenjang khas penduduk Palika. Bentuk rumah ini sudah ada sejak lama alias warisan turun temurun. Kegiatan ini pun dihadiri banyak tamu undangan. Di antaranya, BRCN (Badan Rohil Creative Network), ASERI (Asosiasi Seniman Riau) Kabupaten Rohil, DKD (Dewan Kesenian Riau) Kabupaten Rohil, Camat Palika dan segenap komunitas seni sastra di Rohil.

Kegiatan yang dibungkus dalam Syamsuar Festival ini mengusung tema ‘’Membangkitkan Budaya, Seni, Menulis dan Membaca’’. Acara diawali dengan pantikan Al Rahim Sekha dan Khudri Anwar kepada pemuda Palika dengan persatuan  mahasiswa, lembaga masyarakat dan komunitas yang dipimpin Nara.

Kegiatan ini sendiri didukung oleh banyak pihak. Antara lain pemerintah setempat bersama lembaga kesenian Kabupaten Rohil. Selain itu ada Kita Palika (Kesatuan IT Anak Pasir Limau Kapas), Karang Taruna Kepenghuluan Panipahan Darat, KSA (Keluarga Suntih ABak), KIM (Kelompok Informasi Masyarakat Pasir Limau Kapas), KNPI Pasir Limau. Dan,  mereka ini bergabung menjadi satu sehingga menjadi KOLASE (Komunitas Literasi dan Seni) Palika.

Baca Juga : Pawang Lebah

‘’Kami sangat bangga dengan geliat seni dan sastra di Rohil saat ini. Berpuisi, berkesenian di tepi laut Palika itu luar biasa. Apalagi teman-teman sangat semangat. Kami bangga. Kami berharap agar semangat ini terus dipanaskan dan berjalan terus,’’ harap Al Rahim Sekha, seniman Rohil yang terus bergeliat hingga saat ini.

Hal senada juga diungkapkan Khudri Anwar. Pria yang juga akrab dipanggil Brewok ini juga terus menularkan semangat berkeseniannya kepada pemuda-pemuda Rohil, khususnya Panipahan, tanah kelahirannya. Tak heran, dia pun hadir menyampaikan eluan serta membacakan puisi yang menggugah semangat pemuda di sana.

‘’Kalau tak kita yang akan membangkitkan semangat kesenian ini siapalagi. Saya sangat senang dengan kegiatan di Palika ini. Pemuda dan senimannya kompak. Didukung pula oleh banyak pihak termasuk pemerintah setempat yaitu camat. Geliat ini jangan surut. Bergerak terus untuk Rohil tercinta,’’ katanya.***

 

Laporan KUNNI MASROHANTI, Rohil

 


Bank BJB





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Ampunan Allah

Ilyas Husti (Ketua MUI Riau)

Ampunan Allah

Rabu, 14 April 2021

EPAPER RIAU POS  14-aprill.jpg

telatah ramadan

Angos

Rabu, 14 April 2021
Angos




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com