KEBUDAYAAN

Yoserizal Minta Anjungan Riau Menjadi Corong Budaya dan Pariwisata Riau

Seni Budaya | Minggu, 14 Maret 2021 - 04:08 WIB

Yoserizal Minta Anjungan Riau Menjadi Corong Budaya dan Pariwisata Riau
Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zein (tengah, batik ungu) foto bersama dengan para pendukung kegiatan diskusi dengan tema "Resam Melayu" di Anjungan Riau di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (13/3/2021). (YUSNIR/RIAUPOS.CO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zein meminta Anjungan Riau di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) harus menjadi corong informasi tentang kebudayaan dan pariwisata Riau di tingkat nasional, bahkan  internasional.

Hal ini dungkapkan Yoserizal saat menjadi narasumber diskusi dengan tema "Resam Melayu" yang ditaja oleh Anjungan Riau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (13/3/2021).


Menurut dia, Anjungan Riau di TMII merupakan wajah dan jendela kebudayaan Melayu Riau yang harus mampu bercerita tentang destinasi pariwisata Riau dan Kebudayaan Melayu Riau. 

"Ini sejalan dengan cita cita pemerintah Riau menjadi kebudayaan Melayu sebagai payung negeri," terang Yose. 

Selain menjadi jendela, lanjut dia, Anjungan Riau juga harus mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga wisatawan memiliki pemgetahuan dasar tentang Riau.

"Seharusnya, wisatawan baik domestik maupun mancanegara, setelah ke Anjungan Riau, mereka penasaran ingin ke Riau karena anjungan telah bercerita sedikit tentang Riau," ulasnya.

Ke depan sambung dia, Anjungan Riau harus mengakomodir dan  membina seluruh budaya-budaya dan kearifan lokal yang ada di Riau mengingat Riau sangat kaya akan budaya lokal yang selama ini belum terjamah oleh masyarakat luas.

"Anjungan Riau harus menjadi miniatur atau representasi keriauan. Apalagi Riau terkenal dengan karya budaya yang beragam," katanya mengakhiri.

Laporan: Yusnir (Jakarta)
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  24-Juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com